Fenomena | Misteri | Legenda | Nostalgia

Koleksi Foto Bandung Tempo Doeloe

Kebetulan penulis tinggal di Bandung sejak kecil dan ikut merasakan perubahan kota bandung dari dekade ke dekade. Untuk sekedar Nostalgia dan mengenal masa Bandung tempo dulu maka di bawah ini saya tampilkan koleksi foto Bandung Tempo Doloe. Sejarah awal kota Bandung dikenang mulai jaman kolonial Belanda (sekitar tahun 1920). Bandung dikenal sebagai Paris van Java, yang artinya kota Paris di pulau Jawa, julukan ini diberikan masyarakat belanda dikarenakan saking indahnya kota Bandung ini pada masa itu. Pembangunan gedung-gedung berkelas eropa, sarana jalan raya dan tata letak kota sungguh sangat indah dilihat. Meskipun Bandung kini tidaklah sehijau dulu tapi masa-masa kejayaan kota ini masih terlihat hingga kini.

Koleksi Foto Bandung Tempo Doeloe

Contoh Kemegahan arsitektur Bandung tempo dulu bisa dilihat dari Gedung sate, Jalan Braga, Stasiun kereta api, Hotel Savoy homann dan Alun-alun Bandung merupakan gedung megah yang berdiri sampai dengan sekarang. Perihal Gedung sate asahabat pembaca bisa membacanya di Sejarah Gedung Sate Bandung.

Kenangan masa lalu ini pantas untuk dikenang sepanjang masa. Dibawah ini saya sertakan beberapa foto gedung dan suasana kota bandung pada saat dahulu kala ini. Jujur saja admin sendiri tidak terlalu hafal dengan foto jadul di bawah ini karena ini foto-foto di jaman belanda dulu.

Gedung sate - Koleksi Foto Bandung Tempo Doeloe
gedung sate, 1950 - bersih dan bebas pagar

Jln. Braga - Koleksi Foto Bandoeng Tempo Doeloe
Jl. Braga, tahun 1940 - europe style sampe sekarang

Alun-alun - Koleksi Foto Bandoeng Tempo Doeloe
Suasana alun-alun Barat Tahun 1940, sepi dan coba liat bapak2 bersarung itu.. kayanya sih mo ke
mesjid agung. masih inget kan letaknya..

Stasiun Bandung - Koleksi Foto Bandoeng Tempo Doeloe
Suasana Stasiun Bandung Tahun 1920, koq sepi ya?.. jaman dulu penduduk masih dikit kali

Savoy Homann - Koleksi Foto Bandoeng Tempo Doeloe
Nah yang ini pasti tau kan?.. yup betul! Hotel Savoy Homann, hebat!! sekarang pun tetep ga rubah, cuma pagernya yang direnovasi. Potret ini diambil tahun 1920.

Baca Juga : Berwisata Di Cekungan Bandung

Hebatkan arsitek-arsitek Belanda jaman dulu? (tapi penjajahannya sih kaga bangett!!) mereka membangun bangunan yang emang udah dipikirin kuat berdiri berpuluh-puluh tahun. Moga-moga warisan budaya ini bisa tetap terjaga sepanjang masa.

Baca Juga : Sejarah Bandung Purba Dan Danau Bandung

Saat ini Kota Bandung juga sedang mengalami kemajuan yang yang menggembirakan. Berbagai sentuhan-sentuhan artistik telah membuat kota Bandung menjadi segar kembali dan mengingatkan kita pada masa keemasannua dulu. Bagi anda yang ke Bandung bisa jalan-jalan wisata di dalam kota Bandung dengan armada unik bernama Bandros dan Angklung. Coba simak saja pada artikel Angklung, Angkot Wifi, TV dan AC di Bandung memang keren!!.

(sumber foto : www.bandung.go.id)



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Koleksi Foto Bandung Tempo Doeloe