Fenomena | Misteri | Legenda | Nostalgia

Nostalgia Film Indonesia Era 80 dan 90

Bagi anda yang lahir era 80 & 90 mungkin ga terlalu hafal tipikal Film Indonesia Jaman dulu, kalaupun nonton mungkin dapetnya di layar tancep di daerah atawa di arsip Google khususnya di Youtube. Beberapa kali sih ada juga tuh penampakan film-film jadul ini di tipi (emang setan pake penampakan segala..hehe). Buat sekedar nostalgia jaman dulu dibawah ni hal-hal klise yang sering nongol. Memorabilia Film Indonesia dech..
  1. Ada adegan makan bersama keluarga, dan biasanya minumannya selalu jus jeruk, bukan air teh.
  2. Tema cerita: Cinta yang tidak disetujui orang tua, Biasanya yang ceweknya udah dijodohin sama calon direktur, lulusan sekolah luar negeri. (Di jaman itu, calon direkturnya masih pada bujangan! hehe).
  3. Tokoh Ayah selalu berbaju safari. Biasanya warnanya coklat muda, dengan bolpen di kantongnya, membawa koper, dan biasanya ke kantor.
  4. Polisi yang selalu datang terlambat, dengan kalimat yang kaku dan khas: "Ini memang buronan yang sedang kami cari,Pak!".
  5. Adegan pub/bar/nightclub. Scene ini biasanya lampu remang-remang warna kemerahan, diiringi musik-musik kaya' ABBA, Beegees, Kool and The Gang. Lalu minuman diberi obat perangsang.
  6. Masuk Rumah Sakit. Biasanya karena penyakit yang baru disadari sudah stadium 2 atau 3, karena mengidap kanker, leukimia, atau jantungnya kambuh.
  7. Sangat jarang penyakitnya bengek, korengan, atau diare.
  8. Dokternya biasanya berkumis, badan agak gemuk, kacamata baca model Malcolm X, stetoskop menggantung di leher, dan biasanya ngomong: "Bapak dan Ibu tidak usah khawatir, kami akan berusaha semampu kami." Garing..wkwkwk
  9. Adegan lari-larian di taman atau di pinggir laut.Sambil ketawa-ketawa kecil "hahaha..hahaha.." trus yang cewek menjatuhkan diri. Maksudnya romantis, tapi kok malah jadi lucu. Trus saat adegan ciuman, diganti dengan deburan ombak atau bunga mawar.
  10. Mau diperkosa trus nggak jadi. Karena jagoannya datang (entah dari mana) tiba-tiba berantem aja sama yang mau memperkosa.
  11. Kyai / Orang sakti/ Pemuda yang alim. Biasanya untuk ngusir setan kaya kuntilanak, arwah penasaran dan lain-lain.
  12. Banyak ditemui di film-film horor Indonesia dan biasanya selalu menang.
  13. Di setiap ending film pasti disertai dengan tulisan: SEKIAN, TAMAT,SELESAI, dll dengan warna-warna yang cerah.
  14. Biasanya peran antagonisnya selalu nggak bisa berantem. Tapi selalu dikelilingi centeng-centengnya.
  15. Hantu2 dan penjahat sepertinya jadi tokoh yang paling bahagia dan riang gembira, soalnya ketawa terus. Penjahat jaman dulu.. dia ketawa di 80% film, sementara si jagoan cuma di 20% sisanya.
  16. Kalau kuliah naik motor and rambut gondrong berkibar-kibar ditiup angin : nggak pakai helm!
  17. Tokoh Cewe kalau dijemput cowoknya naik mobil, pintunya dibukain.
  18. Adegan buang puntung rokok terus di matiin pake kaki, mungkin biar sepatu boot/kulitnya keliatan.
  19. Kalau perpisahan bikin acara disco sendiri di rumah.
  20. Terjadinya "Make Love" gak sengaja, gara2 kehujanan atau pada saat hujan.
  21. Kalo mau ketemu cewek si cowok sisiran dulu.rambut gondrong diminyakin dan sisirnya ditarok di saku belakang. dan sisirnya nongol sedikit..!!! jadoel cooyy.
  22. Nama peran utamanya kalo cowok selalu JOHAN, HENDRA, ANTON.
  23. Cowoknya suka pake celana putih cutbray.
  24. Cewenya kalo abis dimarahin ama bokapnya biasanya langsung lari ke kamar trus nangis di ranjang (biasanya lantas dielus-elus sama oma atau mamanya).
  25. Kalo pemeran utama cowo, ceritanya udah jadi "tua", tinggal tambahin kumis doang.
  26. Di awal film, jagoannya sengsara, tapi di akhir film, penjahatnya mendadak jadi bego, sial, dan kalah melulu.Kehebatan yang ada di awal film seperti hilang ditelan angin. Makanya, kalau nonton film buatan jaman dulu, kalau penjahatnya sudah mulai kalah, berarti filmnya sebentar lagi bubar.
  27. Kalau miskin, seringnya digambarkan sebagai orang yang sholeh, rajin berdoa.
  28. Kalau kaya, digambarkan duduk-duduk di kursi goyang, baca koran, dan ngerokok cerutu!
  29. Ada tukang kebun yang nyiram air pake selang! (apa enggak ada kerjaan lain??)
  30. Motornya selalu model trail berasap putih dgn suara cempreng....nggenggggggg
  31. Kalo bedil polisi meletus bunyinya....to-ceauw...to-ceauw.... bukan dor! dor! Hahaha..
  32. Kalo di Jakarta ..settingnya pasti mobil2 lonjong ngiterin bunderan HI.
  33. Kalo lagi adegan di kantor polisi, kaptennya selalu manggil "sersan!!..." trus sersannya njawab : "siap, kapten!...laksanakan..."
  34. Kalo film lawak... pemeran cowok yang jelek jodohnya ama pemeran cewek yang cakep
  35. Kalo film SMA... ada adegan wisata, pake bis bareng.. konyolnya, main gitar di bis (cowok yang main gitar dikerubutin cewek), biasanya lagunya disini senang-disana senang.
  36. Kalo kemah ada adegan ngangguin orang tidur...
  37. Kalo film mahasiswa, ada adegan Posma, si cewek pingsan ditolong oleh sang senior, terus...jadian deh.
Dijamannya, momen-momen diatas udah kaya pakem brur.. ga gitu ya ga rame. kalo sekarang kan kudu selalu beda biar makin asyik tuh pilem. hehe.. namanya juga Nostalgia Jaman Dulu. kalo pengen gabung ke forum ngobrol ngalor ngidul ini di di indonesiaindonesia.com dah. Selamat menikmati Memorabilia. Buat yang baca silahkan kasi komentar atau mo nambahin?.. salamm..  :)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Nostalgia Film Indonesia Era 80 dan 90