Fenomena | Misteri | Legenda | Nostalgia

CITY HUNTER - KOMIK ERA 80-90

City hunter merupakan komik manga jepang yang sangat terkenal di era-80-90 di jepang. Pertama kali saya membacanya kira-kira tahun 1995, awalnya merasa aneh, komik ini mengisahkan pembunuh bayaran yang otaknya super ngeres sama cewek. Dibalik semua kekonyolannya ternyata dia menyimpan kemampuan dan masa lalu yang kelam. Oke mari kita baca artikel City Hunter - Komik Era 80-90 ini.


Manga City hunter ini diciptakan oleh Hojo Tsukasa, telah diterbitkan selama delapan tahun di Shueisha di majalah Shonen Jump dari tahun 1985-1992, memproduksi sekitar 35 novel grafis (bervariasi antara edisi). Sejak itu telah diterjemahkan ke banyak bahasa, termasuk Spanyol, Italia, Prancis, Jerman dan Inggris.

Komik ini menceritakan tentang Ryo Saeba, dia adalah  "sweeper" atau pembasmi di kota Tokyo. Ryo bekerja sebagai penembak bayaran, membersihkan kota dari penjahat jalanan, dan membantu orang-orang putus asa. Bertindak sebagai bodyguard, tapi kadang-kadang sebagai seorang pembunuh, apapun tugasnya Ryo akan melakukannya dengan baik.

Satu-satunya kelemahannya adalah pada hormon laki-lakinya yang cenderung se-x maniak. playboy kampungan dan konyol, bila ia menyukai seorang wanita kadang-kadang dia berubah menjadi idiot ketika ia di dekat mereka. Untungnya dia punya seseorang yang selalu memperhatikan ulah konyolnya tersebut, seseorang itu ialah sang partner Kaori akimura, asisten yang cantik, se-xy tapi sangat galak..

City Hunter sangat menarik di banding manga-manga lainnya yang cenderung fantasy. tokoh-tokohnya berkarakter dan ceritanya mengalir dengan ritme yang memukau. ringan, lucu, serius, keras dan terakhir selalu mengharukan dan berkesan. betul-betul suatu karya manga yang ditata apik. Perubahan ekspresi wajah bisa digambarkan dengan baik untuk mewakili perasaan sang tokoh. Selain itu penggambaran postur tubuh sangat excellent, proporsional dan se-xy.

Cerita mengalir dari keseharian tokoh urakan Ryo saeba, ganteng tapi slengean 'rada-rada kampungan". Rekannya adalah Kaori, adik perempuan bekas partnernya yang terbunuh. Memiliki teman si botak yang juga jago tembak, ahli perangkap, Mary cewek yang juga jago tembak dan Saeko polwan yang se-xy. Dibalik sikapnya yang urakan dia menyimpan keahlian bela diri dan menembak yang luar biasa, karakter aslinya yang dia sembunyikan akan muncul disaat kritis, sikap seorang profesional, tajam, tanpa ampun tapi berhati lembut. Di tiap akhir episode, klien wanitanya menjadi bersimpati padanya karena melihat sikap aslinya. Kalau sudah begitu "Kaori" yang blingsatan kuatir terjadi hal yang tidak diinginkan (padahal mah cemburu.. hehe).

Banyak misteri masa lalu Ryo yang sedikit demi sedikit terungkap menjelang episode-episode terakhir. Perihal masa lalunya di jaman perang, ayah angkat, juga adanya Mike jago tembak dari Amerika dll. Komik manga ini ditutup dengan manis dengan suatu ending yang mencapai klimak semua rahasia dan kehidupan pribadi sang tokoh.



catatan penulis :
Sekitar Tahun 2006 (maaf kalo salah) cerita Ryo saeba dilanjutkan kembali dengan judul "Angel Heart" di seri ini menceritakan tentang anak angkatnya Ryo yang mendapat pencangkokan jantung Kaori yang meninggal karena kecelakaan. Anak angkatnya inilah yang menjadi tokoh utama serial ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : CITY HUNTER - KOMIK ERA 80-90