Fenomena | Misteri | Legenda | Nostalgia

PROFIL GANES TH - PENGARANG CERSIL SI BUTA DARI GOA HANTU

Loading...

Profil Ganes TH - Pengarang Cersil Si Buta Dari Goa Hantu.
Ganes TH. (1935-1995) nama lengkapnya Ganes Thiar Santoso Ganes lahir pada tanggal, 10 Juli 1935, di Tanggerang, anak ke 4 dari 5 bersaudara. Terlahir dari seorang ayah yang bernama; Thirta Yahya Santosa dan seorang ibu yang bernama; Sofiah Linawati. Telah memiliki bakat melukis dan mulai menekuninya ketika SMP di THHK (Tiong Hoa Hwee Koan). Membuat merek/gambar di tirai kedai tukang bubur kacang hijau adalah pekerjaan awalnya. Kemudian hampir semua warung memanfaatkan keahiannya menggambar. 

Setelah lulus SMA, Ganes TH mencoba melanjutkan kuliah di ASRI-Yogyakarta, namun tak pernah tuntas lantaran kesulitan keuangan. Lantaran semua itu maka dia kemudian mengikuti kursus melukis, lantas menjadi asisten pelukis Lee Man Fong. Diawali hanya menjadi tukang cuci kuas sambil mempelajari teknis melukis pada pelukis terkenal tersebut. 
Ia adalah seorang penulis (komik Silat) Cerita Silat Bergambar Indonesia terkenal. Ia merupakan salah satu tonggak kejayaan komik Indonesia. Pada masanya Ganes TH. merupakan salah satu dari “tiga dewa komik Indonesia” bersama dengan Jan Mintaraga dan Teguh Santosa. Kisah dalam komik-komiknya begitu memikat hati pembaca komik Indonesia di era tahun 1970 sampai 1980-an.

Ganes TH. menciptakan tokoh “Si Buta Dari Goa Hantu” yang menjadi trade mark-nya dan merupakan tokoh komik lokal yang paling populer sepanjang masa. Komik Si Buta Dari Goa Hantu adalah komik silat Indonesia pertama. Terbitan perdananya langsung "meledak" sehingga komik Indonesia seperti dilanda demam silat sehingga banyak komikus lain yang mengekor di belakang kesuksesan Si Buta. Kabarnya komik seri ini dicetak hingga ratusan ribu eksemplar.

Serial Si Buta dari Goa Hantu karya ciptaannya tidak akan pernah dilupakan orang. Petualangan Si Buta mulai dari Jawa Barat sampai ke Bali, Flores, Kalimantan, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tengah menunjukkan pengetahuannya yang luas dan kecintaan pada tanah air yang begitu dalam. Sebelum sukses dengan kisah Si Buta Dari Goa Hantu-nya, sebelumnya Ganes TH telah lebih dahulu menghasilkan komik dengan judul sebagai berikut: "Api di Hutan Rimba","Mutiara dari Tanusa", "Di Bawah Naungan Flamboyan", dan banyak lagi lainnya.

Ganes TH dengan "Si Buta Dari Gua Hantu" bersama dengan Jan Mintaraga dan Teguh Santosa merupakan salah satu ikon puncak sejak Kho Wan Gie, R.A. Kosasih, Zam Nuldyn, dan Taguan Hardjo. Sejarah panjang komik Indonesia mencatat nama Ganes TH sebagai salah satu legenda komikus Indonesia.

Karya Ganes TH :
Si Buta dari Goa Hantu
Si Buta dari Goa Hantu: “Misteri di Borobudur
Si Buta dari Goa Hantu: “Kabut Tinombala
Si Buta dari Goa Hantu: “Iblis Pulau Rakata
Si Buta dari Goa Hantu: “Banjir Darah di Pantai Sanur
Si Buta dari Goa Hantu: “Bangkitnya Si Mata Malaikat
Si Buta dari Goa Hantu: “Pamungkas Asmara
Si Buta dari Goa Hantu: “Mawar Berbisa”
Si Buta dari Goa Hantu: “Misteri Air Mata Duyung
Si Buta dari Goa Hantu: “Neraka Perut Bumi
Si Buta dari Goa Hantu: “Manusia Kelelawar dari Karang Hantu
Si Buta dari Goa Hantu: “Badai Teluk Bone
Si Buta dari Goa Hantu: “Tragedi Larantuka
Si Buta dari Goa Hantu: “Sorga yang Hilang
Si Buta dari Goa Hantu: “Manusia Serigala dari Gunung Tambora”
Si Buta dari Goa Hantu: “Prahara di Donggala
Si Buta dari Goa Hantu: “Prahara di Bukit Tandus
Si Buta dari Goa Hantu: “Perjalanan ke Neraka
Djampang Jago Betawi
Pendekar Selebor
Pengantin Kelana
Api di Langit Kulon
Zomba
Reo Anak Serigala
Taufan
Cobra
Petualang
Tjisadane (1968-1969)
Krakatau (1970)
Tuan Tanah Kedawung (1970)
Nilam dan Kesumah (1970)
Kunjungan di Tengah Malam

Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : PROFIL GANES TH - PENGARANG CERSIL SI BUTA DARI GOA HANTU