Fenomena | Misteri | Legenda | Nostalgia

SEJARAH KARTUN DORA EMON - KARTUN ERA 70 -90

Menurut penulis kartun anak-anak paling legendaris dari Jepang adalah Kartun Dora Emon. Kenapa bisa? Karena kartun ini paling fenomenal dan paling lama masa tayangnya. Bayangkan saja kartun ini mulai ada sejak tahun 1973. Bagaimana sejarah dimulainya kisah dora emon dan nobita ini dimulai? Desember 1969, Awal kartun Dora emon adalah dari komik/manga Doraemon karangan Fujiko F.Fujio. Terbit berkesinambungan dalam 6 judul majalah bulanan anak. Majalah-majalah tersebut adalah majalah Yoiko (anak baik), Yōchien (taman kanak-kanak), Shogaku Ichinensei (kelas 1 SD), Shogaku Yonnensei (kelas 4 SD), dan sejak 1973 majalah Shogaku Gogensei (kelas 5 SD) dan Shogaku Rokunensei (kelas 6 SD). Bagaimana kelanjutan Sejarah Kartun Dora Emon - Kartun Era 70-90 ini? dan bagaimana kiisah episode terakhir dari Kartun Dora Emon?.. kita baca lanjutannya pada artikel di bawah ini.

SEJARAH KARTUN DORA EMON - KARTUN ERA 70 -90

Cerita yang terkandung dalam majalah-majalah itu berbeda-beda, yang berarti pengarang cerita ini harus menulis lebih dari 6 cerita setiap bulannya. Pada tahun 1979, CoroCoro Comic diluncurkan sebagai majalah Doraemon.

Dora Emon berkisah tentang kehidupan seorang anak pemalas kelas 5 SD yang bernama Nobi Nobita yang didatangi oleh sebuah robot kucing bernama Doraemon yang datang dari abad ke-22. Dia dikirim untuk menolong Nobita agar keturunan Nobita dapat menikmati kesuksesannya daripada harus menderita dari utang finansial yang akan terjadi di masa depan yang disebabkan karena kebodohan Nobita.

Nobita, setelah gagal dalam ulangan sekolahnya atau setelah diganggu oleh Giant dan Suneo, akan selalu mendatangi Doraemon untuk meminta bantuannya. Doraemon kemudian biasanya akan membantu Nobita dengan menggunakan peralatan-peralatan canggih dari kantong ajaibnya; peralatan yang sering digunakan misalnya "baling-baling bambu" dan "Pintu ke Mana Saja". Sering kali, Nobita berbuat terlalu jauh dalam menggunakan peralatannya dan malah terjerumus ke dalam masalah yang lebih besar.

Kartun Legendaris Dora emon kartun anak sepanjang masa

Tokoh Cerita Dora Emon :
Dora Emon
Robot kucing berwarna biru dari abad ke-22 yang dikirim ke abad ke-20 untuk menolong Nobita. Lahir pada 3 September 2112. Makanan kesukaannya adalah dorayaki.

Nobi Nobita
Anak kelas 5 SD yang pemalas dan sering diganggu oleh Giant dan teman-temannya. Tidak pandai dalam olahraga dan juga dalam pelajaran sekolah. Walaupun begitu, ia pandai dalam membuat teka-teki dan menembak. Sifatnya yang terlalu baik dan suka menolong terkadang malah menyeretnya ke dalam masalah. Namun separah apapun, pada akhirnya Nobita akan selalu bergembira.

Shizuka Minamoto
Anak perempuan yang disukai Nobita dan di masa depan akan menikah dengannya walau di masa sekarang ia lebih dekat dengan Dekisugi karenya lebih kedekatan dibidang intelektual. Ia selalu membela Nobita jika Nobita dikerjai teman-temannya. Ia juga serius tetapi baik hati,

Takeshi Goda alias Giant
Seorang pengganggu yang namanya didasarkan pada kata bahasa Inggris giant (raksasa), cepat marah dan sangat senang menyanyi walaupun suaranya kurang memadai.

Suneo Honekawa
Anak berwajah rubah dari keluarga kaya yang sering memamerkan kekayaannya di depan Nobita dan membuat Nobita merengek ke Doraemon agar bisa menyaingi Suneo. Walaupun begitu, Suneo sebenarnya adalah seorang anak yang sangat manja, mudah menyerah, dan penakut.

Dan masih banyak lagi tokoh-tokoh lainnya seperti Ayah, ibu nobita, Dorami adik Dora emon, pak guru, dekisugi dll. Kartun Dora emon sangat digemari di Jepang dan merupakan salah satu manga ataupun kartun terlama yang diproduksi di Jepang. bayangkan saja dari tahun 1967 sampai era 90. Sebuah kartun fantasi ringan yang pernah menghibur kita sekeluarga.

Bagaimana Kisah Episode Terakhir Kartun Dora Emon?

Kisah pertama dan paling optimistik dipublikasikan oleh Nobuo Sato beberapa tahun yang lalu. Diceritakan suatu hari, Nobita pulang ke rumah dan merengek-rengek mengadu ke Doraemon. Tapi tak lama, ia menyadari ada sesuatu yang salah dengan Doraemon, robot kesayangannya itu hanya diam dan tak menjawab keluhannya. Ia pun segera menelpon Dorami, adik Doraemon, dan meminta petunjuk darinya. Dorami kemudian memberi tahu bahwa baterai milik Doraemon habis. Lebih jauh lagi, Dorami menjelaskan bahwa robot kucing versi lama seperti Doraemon seharusnya memiliki cadangan baterai pendukung memori di bagian telinga, tetapi karena Doraemon telah kehilangan telinganya, ia tidak memiliki tenaga cadangan untuk menyimpan memori dan ingatannya. Satu-satunya cara untuk menghidupkan kembali Doraemon adalah dengan mengganti baterainya, namun itu berarti Doraemon akan kehilangan seluruh ingatan tentang diri dan kawan-kawannya, termasuk tentang Nobita.

Disaat bersamaan, Polisi Waktu membuat peraturan baru dan melarang adanya “perjalanan waktu” dan menghalangi Nobita yang berusaha membawa Doraemon untuk diperbaiki di masa depan. Dorami kemudian memberikan sebuah pilihan, yaitu nekat menerobos Polisi Waktu, memperbaiki Doraemon di masa depan dan menghapus ingatannya atau menunggu seseorang dari masa depan datang dan memperbaiki Doraemon. Nobita memilih cara kedua. Nobita yang sangat kehilangan Doraemon kemudian berjanji untuk belajar keras demi Doraemon. Usaha Nobita berhasil, tiga tahun kemudian Nobita lulus SMA dengan nilai terbaik dan menjadi seseorang yang sangat populer di sekolahnya.

Episode terakhir Kartun Legendaris Dora emon kartun anak sepanjang masa

Meskipun demikian, sifat Nobita yang ceria dan optimistik hilang, ia menjadi seorang kutu buku yang selalu menyendiri. Dua puluh sembilan tahun kemudian, diceritakan bahwa Dekisugi yang telah menjadi presiden Jepang mengadakan reuni dengan Suneo dan Takeshi. Ketiganya membahas mengenai masalah tentang “hilangnya” Doraemon dan tentang Time Paradox, sebuah teori yang menjelaskan bahwa sejarah dunia dapat berubah dengan diciptakannya mesin waktu. Dari percakapan itulah terpapar alasan kenapa Polisi Waktu tak memberikan izin pada Nobita untuk memperbaiki Doraemon di masa depan, karena Nobita itu sendiri yang menciptakan Doraemon. Setelah diperbaiki oleh Nobita di masa depan, Doraemon yang kembali mempunyai telinga dan tubuhnya yang menjadi berwarna kuning langsung dipeluk dengan erat. Pada akhirnya mereka hidup bahagia di masa depan.

referensi:
[1]http://wikipedia.org
[2]http://j-cul.com/episode-terakhir-manga-doraemon/



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : SEJARAH KARTUN DORA EMON - KARTUN ERA 70 -90