Fenomena | Misteri | Legenda | Nostalgia

FENOMENA KEISTIMEWAAN MATA ULAR

Bicara mengenai ular bisa menjadi suatu pembahasan yang panjang. Banyak sekali mitos mengenai binatang yang satu ini. Ular dikategorikan sebagai binatang tertua di muka bumi ini. Misalnya Legenda Naga sangat familiar kita kenal. Ada satu hal yang menarik perhatian saya, Konon kawanan ular mampu membalas dendam rekannya yang kita bunuh karena faktor matanya. Fenomena apakah ini?
Fenomena Keistemewaan Mata Ular ini ternyata bukan isapan jempol semata. Ada fakta yang membenarkan hal ini. Ini jelas sungguh menarik mengingat ular pada dasarnya buta. 
Umumnya jenis ular tidak dapat melihat dengan baik dan jelas objek didepannya, terkecuali untuk beberapa spesies yang telah menyesuaikan diri dengan waktu berburu di siang hari. Ular umumnya dapat melihat bentuk, tetapi tidak detail. Itulah kenapa dikatakan ular pada dasarnya buta.

Salah satu jenis ular yang mampu melihat dengan baik adalah ular yang disebut Pit Viper. Pit Viper  dapat melihat dengan baik di malam hari dengan menggunakan beberapa trik yang mengagumkan.

Lubang-lubang di setiap sisi kepala mereka dapat merasakan panas (sinar inframerah) seperti teropong malam hari. Lubang ini, membuat ular bisa menggambarkan mangsanya di otak..

Fenomena menariknya misalnya, indera ular Kobra yang cukup tajam untuk dapat mengincar mata ketika mengeluarkan ludah beracun. Ular tahu bahwa racun akan membuat buta mata manusia atau musuh lainnya..

Inilah yang menjadi rahasia Fenomena Keistimewaan Mata Ular, karena mata ular bisa menyimpan memori yang sangat kuat untuk berinteraksi dengan sesama ular lain meskipun ular itu sudah mati..

Jadi bila ada ular lain yang melihat mata ular lainnya yang sudah mati, akan tahu apa yang telah terjadi sebelumnya dan bisa tau siapa pelakunya.

Bahkan kemungkinan ular itu bisa melakukan pembalasan serupa terhadap pelakunya meski itu manusia sekalipun. Ada suatu penelitian mengatakan (maaf sumbernya lupa), Dijelaskan bahwa mata ular yang sedang dalam proses kematian (sekarat) dapat berfungsi seperti kamera polaroid. Gambar kejadian terakhir yang dilihat oleh ular tersebut tersimpan di retina mata. Ular lain yang sejenis dapat melihat gambar tersebut sehingga tahu penyebab kematian temannya. Tapi di sumber tersebut dikatakan bahwa hanya ular jenis tertentu saja yang memiliki mata polaroid tersebut. Terimakasih dan salam eksperimen.

Hal inilah yang menjadi mitos dikalangan masyarakat (terutama orang tua dulu) bila terpaksa membunuh ular setelahnya terbunuh jangan lupa untuk menghancurkan kepalanya.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : FENOMENA KEISTIMEWAAN MATA ULAR