Fenomena | Misteri | Legenda | Nostalgia

PROFIL RA KOSASIH - LEGENDA KOMIKUS WAYANG

Bagi anda yang mengalami masa-masa keemasan komik wayang di era 70-80 mungkin akan mengenal komikus ini. artikel ini berjudul Profil RA Kosasih - Legenda Komikus Wayang untuk menghormati eksistensi beliau yang mengangkat tema wayang dalam dunia komik Indonesia. Babad Cerita Wayang Mahabharata dan Ramayana dituangkan dengan apik dalam komik-komiknya.



Profil RA Kosasih
Raden Ahmad Kosasih (Bogor, Jawa Barat, 1919) adalah seorang penulis dan penggambar komik termasyhur dari Indonesia. Generasi komik masa kini menganggapnya sebagai Bapak Komik Indonesia

Karya-karyanya terutama berhubungan dengan kesusastraan Hindu (Ramayana dan Mahabharata) dan sastra tradisional Indonesia, terutama dari sastra Jawa dan Sunda. Selain itu beliau juga menggambar beberapa komik silat yang memiliki pengaruh Tionghoa, namun tidak terlalu banyak.

RA Kosasih mulai menggambar pada tahun 1953 lalu ia mulai berhenti dan pensiun pada tahun 1993. RA Kosasih memiliki keahlian mennggambar terutama menggambar sketsa-sketsa hitam-putih tanpa memakai warna.

RA Kosasih memulai kariernya pada penerbit Melodi di Bandung. Namun karya-karyanya yang terkenal diterbitkan oleh Maranatha. Akhir-akhir ini pada dasawarsa tahun 1990-an karya-karyanya diterbitkan ulang oleh Elex Media Komputindo dan penerbit Paramita di Surabaya.

Karya:
Sri Asih (1950)bisa dianggap sebagai superhero Indonesia yang pertama.
Siti Gahara
Ramayana
Mahabharata

Karya-karya RA Kosasih saat ini sudah sangat langka, khusus untuk edisi cetakan lama hanya bisa kita temukan pada kolektor komik. Sampai saat ini karyanya masih dikenang orang.. Inilah Bapak Komik Indonesia.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : PROFIL RA KOSASIH - LEGENDA KOMIKUS WAYANG