Fenomena | Misteri | Legenda | Nostalgia

SEKILAS MAINAN LAYANG-LAYANG

Loading...

Masa kecil adalah masa bermain yang paling indah untuk dikenang. Salahsatu permainan yang paling digemari anak-anak era 80-90 adalah permainan layang-layang. Artikel Sekilas Mainan layang-layang ini mungkin bisa membuat kita sedikit bernostalgia ke masa kecil juga mengetahui sejarahnya.

Catatan pertama yang menyebutkan permainan layang-layang adalah dokumen dari Cina sekitar 2500 Sebelum Masehi. Penemuan sebuah lukisan gua di Pulau Muna, Sulawesi Tenggara, pada awal abad ke-21 yang memberikan kesan orang bermain layang-layang menimbulkan spekulasi mengenai tradisi yang berumur lebih dari itu di kawasan Nusantara. Diduga terjadi perkembangan yang saling bebas antara tradisi di Cina dan di Nusantara karena di Nusantara banyak ditemukan bentuk-bentuk primitif layang-layang yang terbuat dari daun-daunan. Di kawasan Nusantara sendiri catatan pertama mengenai layang-layang adalah dari Sejarah Melayu (Sulalatus Salatin) (abad ke-17) yang menceritakan suatu festival layang-layang yang diikuti oleh seorang pembesar kerajaan.
Dari Cina, permainan layang-layang menyebar ke Barat hingga kemudian populer di Eropa.
Layang-layang terkenal ketika dipakai oleh Benjamin Franklin ketika ia tengah mempelajari petir.

Di Jawa Barat, Lampung, dan beberapa tempat di Indonesia ditemukan layang-layang yang dipakai sebagai alat bantu memancing. Layang-layang ini terbuat dari anyaman daun sejenis anggrek tertentu, dan dihubungkan dengan mata kail. Di Pangandaran dan beberapa tempat lain, layang-layang dipasangi jerat untuk menangkap kalong atau kelelawar.
Penggunaan layang-layang sebagai alat bantu penelitian cuaca telah dikenal sejak abad ke-18. Contoh yang paling terkenal adalah ketika Benjamin Franklin menggunakan layang-layang yang terhubung dengan kunci untuk menunjukkan bahwa petir membawa muatan listrik.


Layang-layang raksasa dari bahan sintetis sekarang telah dicoba menjadi alat untuk menghemat penggunaan bahan bakar kapal pengangkut. Pada saat angin berhembus kencang, kapal akan membentangkan layar raksasa seperti layang-layang yang akan "menarik" kapal sehingga menghemat penggunaan bahan bakar.
tak disangka mainan sedehana ini memiliki sejarah yang panjang juga. Oya dibawah ini lirik lagu masa kanak-kanak yang mungkin sobat kenal..

kuambil buluh sebatang
kupotong sama panjang
kuraut dan kutimbang dengan benang
kujadikan layang-layang

bermain berlari
bermain layang-layang
berlari kubawa ke tanah lapang
hatiku riang senang 

Silahkan baca artikel menarik lainnya :
Nostalgia uang jadul era 80-90
Kenangan film kartun Space Ghost
MP3 Player tanpa batere
Profil singkat Kartun Alvin and the chipmunk
Legenda Cerita Hantu Kampus UI

Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : SEKILAS MAINAN LAYANG-LAYANG