Fenomena | Misteri | Legenda | Nostalgia

ARTI SIMBOL PADA KEYPAD CONTROLLER PLAYSTATION

Masih suka main game Winning Eleven di Playstation Bro??!! pasti deh sibuk pijit tombol X sampe jempol bengkok, diselingi pijit tombol kotak, segitiga dan bulat. Ngomong-ngomong apakah anda tahu arti Simbol pada keypad Controller Playstation?? Mari kita cari tahu kenapa dan mengapa bukan hanya mengkritisi dengan arogansi nyinyir seperti umumny politisi kita, lebih baik bereksplorasi dan menambah wawasan baru. setuju?

JIka anda memiliki salah satu dari konsol PlayStation (PSX, PS2, PS3 dan PSP) maka anda telah melihat susunan tombol yang tercetak pada kontroler/stik dengan simbol yang tidak lazim.
Sama halnya seperti Nintendo memiliki susunan ABC XYZ, Sony kini terjebak dengan susunan gambar dan warna-warni yang mudah untuk diingat.

Desainer PlayStation yaitu Teiyu Goto akan menjelaskan mengapa gambar dan warna-warni tersebut diperlukan. Teiyu Goto adalah 'Bapak PlayStation'. Ia adalah orang di balik sejumlah desain menawan PlayStation, PlayStation 2, dan PlayStation 3.

Mengapa hanya bentuk dan warna yang menjadi tanda pengenalnya?
Dalam sebuah wawancara dengan majalah game Famitsu asal Jepang, "Itu agar PlayStation tetap tampak terlihat sederhana." begitu ujarnya.
"Itu cukup sulit," katanya. "Perusahaan game lain menggunakan huruf alfabet atau warna tombol. Kami menginginkan sesuatu yang mudah diingat. Jadi mengapa kami menggunakan ikon atau simbol, dan saya akhirnya membuatnya dengan kombinasi segitiga-lingkaran-X-persegi. Saya juga memberi warna pada setiap simbol agar bermakna."

Segitiga : ini mengacu pada sudut pandang, seperti sebuah panah penunjuk arah, dan warnanya adalah hijau.
Persegi : mengacu pada selembar kertas, membuatnya seperti mewakili menu atau dokumen. Itu mengapa warnanya lebih menonjol yaitu pink.

Lingkaran dan X : bermakna 'ya' atau 'tidak'. Ini digunakan untuk pengambilan keputusan, dan diwarnai merah untuk lingkaran dan biru untuk X.


"Pasti banyak yang berpikiran kenapa O dan X memiliki makna sebaliknya, seperti pada game-game buatan Eropa/Amerika, itu sebenarnya karena perbedaan kebudayaan saja. Di Jepang, lingkaran berarti 'ya', dan X berarti tidak ada." begitu tambahnya.


Begitu loh bro, setidaknya kita mengetahui sejarahnya dan bisa memahami pola pikir sang pembuatnya dan ini bisa sedikit menambah wawasan kita untuk memahami dan bisa menghargai buah pikiran orang lain kan??.. monggo dilanjut  ngopinya.. :)

Silahkan baca artikel menarik ini:
Asal mula nama bulan kalender masehi 
6 hotel paling ekstrem di dunia
Profil kartunis Mang Ohle - Koran Pikiran rakyat
Sekilas grup lawak PMR, Kadir, doyok dan teamlo

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : ARTI SIMBOL PADA KEYPAD CONTROLLER PLAYSTATION