Fenomena | Misteri | Legenda | Nostalgia

Cerutu Kuba Terpanjang Di Dunia

Cerutu bagi sebagian penggemar fanatiknya bisa merupakan kepuasan tersendiri. Seni menikmati cerutu juga merupakan hal yang mereka pelajari dengan seksama. Diketahui rekor saat ini cerutu kuba terpanjang di dunia buatan Jose Castelar. Rokok cerutu milik seorang pembuat cerutu asal Kuba, Jose Castelar (67), berhasil memecahkan rekor Guinnes Record terbaru. Cerutu dengan panjang 81,80 meter dan diameter 4 sentimeter tersebut menjadi cerutu terpanjang di dunia.


Castelar menamai cerutu kesayangannya itu dengan nama "el Cueto".
Cerutu terpanjang itu akhirnya diboyong dan dipamerkan dalam International Tourism Fair "FIT Kuba 2011" yang berlangsung dari tanggal 3-7 Mei. Sang pemilik Castelar juga mengatakan proyek berikutnya ia akan membuat cerutu dengan panjang 100 meter.

Cerutu istimewanya itu juga dianggap sebagai kebanggaan nasional Kuba, yang merupakan komoditas ekspor utama dengan penjualan senilai USD 368 juta pada 2010 silam.
Upacara pengukuran cerutu Castellar juga disaksikan oleh diplomat Inggris yang menjabat sebagai saksi resmi dari Guinness Record. Castelar sebelumnya berhasil memecahkan rekor dengan cerutu yang berukuran panjang 60 meter pada 2009 silam.

Castelar pertama kali membuat cerutu pada tahun 2001. Ia membuat cerutu berukuran 11,04 meter, yang kemudian ia pecahkan kembali rekornya sebanyak tiga kali dengan panjang 14,86 meter pada 2003, 20,41 meter pada 2005 dan 45,38 meter pada 2008. Semua rekornya itu telah disertifikasi oleh Guinness Book Record.

Jose Castelar Pembuat Cerutu Terpanjang di Dunia:
Jose Castelar (67), harus bekerja selama delapan jam per hari selama sembilan hari, dan berharap bisa memecahkan rekor yang dibuatnya sendiri pada 2009, dengan membuat cerutu sepanjang 43,38 meter. "Saya bekerja keras setiap hari agar dapat memecahkan rekor cerutu terpanjang," kata Castelar.

Ia berharap bisa menyelesaikan pekerjaan paling lambat pada 3 Mei 2011, dan memamerkan karyanya tersebut untuk dinilai di International Tourism Fair, yang diselenggarakan Senin-Sabtu pekan depan.
Castelar belajar membuat cerutu sejak usia 5 tahun, pada paman. Cerutu Castelar diakui dunia sebagai yang terbaik. Castelar, berasal dari provinsi Villa Clara, Kuba tengah, memiliki pelanggan mulai dari pengusaha kaya Mexico sampai seorang pangeran Arab Saudi.

Itu akan jadi rekor kelimanya, dalam waktu lebih dari setengah abad melinting cerutu. "Castelar mengatakan selama hidupnya, rekor Guinness harus berada di Kuba. Ia sangat bersemangat sekarang dan akan lelah saat hari berlalu, tapi ia berharap bisa mewujudkan keinginannya," kata juru bicaranya Amado de la Rosa.
Ia memiliki dua anak bersama istrinya, Maria Diago. Cerutu buatan tangan Kuba dipandang sebagai yang terbaik di dunia.
sumber: kompas.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cerutu Kuba Terpanjang Di Dunia