Fenomena | Misteri | Legenda | Nostalgia

3 Negara Mini dan Terkecil Di dunia

Keinginan merdeka dan berdiri sendiri memang hak azazi manusia tapi melihat faktanya di dunia terkadang membuat kita sedikit terheran-heran. Banyak artikel tentang Negara terkecil di dunia namun admin hanya menuliskan 3 Negara mini dan terkecil di dunia. Tentunya negara mini ini mempunyai wilayah. Sebenarnya ada juga negara mini yang wilayahnya hanya sebuah kapal laut tapi itu tidak admin kategorikan Negara mini (masa negara ngambang dan berpindah-pindah).  Kita simak yuk..

3 Negara Mini ini mengaku memerdekakan dirinya sendiri walaupun dengan wilayah super mini dan tidak terikat aturan negara lainnya. Umumnya negara mini ini tidak banyak dikenal seperti negara-negara lain, lain halnya dengan Vatikan. Beberapa alasan mereka atau seseorang membentuk Negara Mini adalah mulai sekedar media protes, eksperimen politis, bertujuan kriminal atau hanya sekedar lelucon belaka. Peihal diakui atau tidaknya secara legal oleh Negara tetangganya admin kurang mengetahui. Langsung saja ya..

1. Pulau Rose
Wilayah: 0.0004 km2
Populasi: beragam
Pemimpin: Presiden Giorgio Rosa

ini negara kilang minyak atau tempat mancing..??

Pada 1967, seorang Insinyur berkebangsaan Itali, membangun sebuah bangunan diatas laut dekat pantai Rimini, Italia. Bangunan terapung itu memiliki restoran, klub malam, dan toko suvenir, untuk menarik para turis. Pada 1968, Rosa mendeklarasikan kemerdekaannya dari Itali. Dan reaksi Itali terhadap pemisahan tersebut cukup keras, Itali menganggap usaha Rosa ini adalah kriminal, untuk melepaskan diri dari kewajiban membayar pajak, sehingga Itali mengirimkan penagih pajak dan polisi untuk mengamankan wilayah ini. Dan kemudian meledakkannya hingga lenyap dari muka bumi. kasihan.. aya-aya wae mang rosa teh

2. Sealand
Wilayah: 0.00055 km2
Populasi: 27 (2002)
Pemimpin : Michael Bates

kebelet pengen punya negara..

Sealand mungkin adalah Negara Mini yang paling dikenal secara luas. Mungkin karena ceritanya yang menarik dan banyak disebarluaskan. Sealand berada sekitar 10 km dari pesisir pantai Inggris. Awalnya merupakan benteng pertahanan pada jaman Perang Dunia II tahun 1967. Paddy Roy Bates (Knock John) menghuni tempat ini dengan menjalankan stasiun radio bajak laut. Dia dan keluarganya kemudian menyatakan Sealand sebagai sebuah negara, hingga menerbitkan paspor sendiri. Bates mengaku Sealand telah diakui secara de facto oleh Jerman dan Inggris.

Terdapat kejadian yang menarik pada 1978. Saat Bates keluar negeri, Alexander Achenbach yang mengaku sebagai Perdana Mentri Sealand, bersama beberapa orang Jerman dan komplotan Belanda, melakukan kudeta terhadap wilayah ini. Kemudian Bates meminta bantuan militer untuk merebut kembali Sealand, hingga akhirnya Achenbach dan komplotannya ditangkap. Karena Achenbach memiliki paspor Sealand, maka ia ditahan sebagai penghianat negara, sedangkan komplotannya dibebaskan.

3. Kerajaan Other World
Wilayah: 0.02 km2
Populasi: Beragam
Pemimpin: Her Royal Majesty Queen Patricia I


Kerajaan Other World berasal dari sebuah resort di Republik Ceko yang memerdekakan diri. Berbentuk matriarchy, artinya dipipmpin oleh seorang wanita. Dalam kerajaan ini terdapat kasta-kasta. Mulai dari gelar bangsawan bagi para penguasa yang semuanya adalah wanita, kerajaan ini bertujuan untuk mengumpulkan sebanyak mungkin laki-laki untuk dijadikan kasta terendah yang disebut budak (dominasi kaum wanita.. ampunn deh niatnya). Kerajaan ini memiliki paspor, mata uang, polisi, bendera, dan lagu kebangsaan sendiri. 

Begitulah sobat tentang 3 negara mini dan terkecil di dunia ini. Semoga saja mereka bisa mandiri dan mampu mensejahterakan rakyatnya, tidak sekedar bernafsu membuat negara tanpa konsep kemandirian yang jelas. Semoga mereka bisa makmur. amiin

Silahkan baca artikel menarik lainnya 



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 3 Negara Mini dan Terkecil Di dunia