Fenomena | Misteri | Legenda | Nostalgia

Misteri Matahari di Tengah Malam, Fenomena Midnight Sun

Loading...

Fenomena alam memang selalu menakjubkan. Banyaknya misteri dan fenomena di alam raya ini menjukan betapa besar Kemahakuasaan Tuhan Yang Maha Esa. Pernahkah anda membayangkan munculnya matahari di tengah malam? Inilah Misteri Matahari di Tengah Malam, Fenomena Midnight Sun.

Midnight sun in kaldfjord - Beauty of midnight sun

Matahari tengah malam atau midnight sun adalah fenomena alam yang terjadi pada bulan-bulan musim panas (summer) di lintang utara dekat Lingkaran Arktik (kutub utara) dimana matahari masih terlihat di tengah malam pada waktu lokal apabila cuaca cerah.

Misteri Matahari di Tengah Malam

Pada bulan Mei banyak sekali turis Asia, Eropa Tengah akan berkunjung ke ujung utara bumi itu untuk menyaksikan fenomena alam tersebut. Salah satu kota tujuan untuk wisata ‘Midnight Sun’ itu adalah Tromso, Bodo, Hammerfest dan Nordkapp.


Tromso adalah kota besar terakhir sebelum memasuki kawasan lingkaran kutub utara. Kota ini terletak 69°40′ Lintang Utara, dan hanya berjarak 350 km dari situ. Pada setiap bulan Mei, matahari akan tenggelam dan langsung terbit di cakrwala kota Tromso. Nah turis-turis mancanegara biasanya berdatangan pada bulan bulan ini.

endahnyaaa.. begadang serasa kesiangan .. ^^ 

Negara yang bisa merasakan fenomena ini antara lain: Kanada, AS, Denmark (Greenland), Norwegia, Swedia, Finlandia, Rusia dan Islandia. Seperempat wilayah Finlandia berada di bagian utara lingkaran Arktik.
Di daerah Svalbard, Norwegia, kita tidak akan bisa melihat sunset alias matahari terbit mulai tanggal 19 April sampai tanggal 23 Agustus. Bayangkan ketika kalian bangun pagi ternyata langit masih gelap.

Kebalikan dari fenomena ini disebut polar night, terjadi saat musim dingin ketika matahari tetap berada di bawah horizon (ufuk) sepanjang hari. Bahkan ekstrimnya di beberapa daerah di kutub, matahari akan terus nampak selama 6 bulan.

Durasi midnight sun akan meningkat dari hari ke hari selama titik balik matahari pada musim panas di lingkaran kutub kemudian akan mencapai 6 bulan pada kutub.


Di daerah kutub itu sendiri, matahari hanya terbit dan terbenam sekali dalam setahun. Selama 6 bulan ketika matahari berada di atas ufuk, matahari akan terus bergerak di sekitar ufuk, dan mencapai ketinggian tertinggi saat titik balik matahari pada saat musim panas.

Bagi para pelancong yang mau melihat midnight sun di Norwegia, anda bisa datang ke daerah-daerah di bawah ini:
1. Longyerbyen (Spitzbergen): Apr 20 – Aug 20
2. North Cape (Nordkapp): May 14 - July 30
3. Hammerfest: May 16 - July 27
4. Tromsø/Tromso, Hausberg: May 20 - July 22
5. Narvik, Hausberg: May 25 - July 18
6. Lofoten & Vesterålen: Late May - Mid July
7. Bodø/Bodo: July 4 - July
Kapan yaa kita jalan-jalan kesana.. ke Garut lagi ke garut lagi... beli dodol  whe..he..he.. 
sumber vivanews.com.

Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Misteri Matahari di Tengah Malam, Fenomena Midnight Sun