Fenomena | Misteri | Legenda | Nostalgia

Musalman, Koran India Tulisan Tangan Sampai Saat ini

Koran atau surat kabar selalu menjadi bacaan sehari-hari bagi masyarakat. Selalu ada keasyikan tersendiri antara membaca dalam media kertas di banding membaca di internet atau komputer. Koran termasuk media informasi yang tertua dalam peradaban manusia apapun istilahnya. Bahkan sampai kini ada yang masih mempertahankan format klasik/lamanya. Mau bukti? Inilah Musalman, Koran India Tulisan Tangan sampai saat ini.



Musalman, Koran yang ditulis tangan

Setiap hari di kota Chennai, India, tiga kaligrafi yang disebut katibs susah payah menulis berita harian dalam bahasa asli mereka.

Musalman adalah koran sore empat-halaman yang ditulis seluruhnya dengan tangan sebelum diproduksi secara massal oleh percetakan.

Musalman, Koran India Tulisan Tangan yang tetap bertahan
Surat kabar itu memuat berita-berita nasional dan daerah serta bagian olahraga. Katibs tradisional meninggalkan kolom di sudut kecil dari halaman depan yang sengaja dikosongkan jika ada berita terkini yang harus ditambahkan pada menit terakhir.

Musalman adalah surat kabar berbahasa Urdu tertua dan dibagikan kepada hampir 22.000 warga negara setiap hari. Hal ini menjadikannya sebagai surat kabar tulisan tangan yang masih ada di dunia dari jenisnya.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Musalman, Koran India Tulisan Tangan Sampai Saat ini