Fenomena | Misteri | Legenda | Nostalgia

Hal Yang Hampir Merubah Sejarah Dunia IT

Sobat tentunya mengenal perusahaan besar IBM, Microsoft, Yahoo, Google dan jejaring social terbesar Facebook bukan? Ternyata dimasa lalu ada hal yang hampir merubah sejarah dunia IT dalam perjalanannya. Banyak perusahaan raksasa menjadi besar karena keputusannya di masa tersebut. Tapi ada juga yang malah tenggelam.  Dibawah ini ada 3 peristiwa besar yang tercatat di dunia IT.

1. Yahoo Melewatkan Facebook
Tahukah Anda kalau Mark Zuckerberg pernah nyaris menjual hak kepemilikan Facebook kepada Yahoo? Tahun 2006 Yahoo melihat potensi Facebook cukup besar untuk dijadikan lawan MySpace. Mereka sempat menawarkan uang sebesar US$ 1 miliar kepada Mark. Namun saat akuisisi nyaris terjadi tiba-tiba 
Yahoo mengalami penurunan saham sampai 22 persen. Reaksi Yahoo? Bernegosiasi menurunkan tawaran harga kepada Mark menjadi US$ 800 juta saja. Jelas dirinya menolak dan akhirnya memutuskan untuk membesarkan Facebook sendirian.

2. IBM Mengatrol Microsoft
Tahun 1980 IBM sedang mengerjakan proyek PC pertama dan mencari perusahaan perangkat lunak yang bisa menyediakan disc operating system (DOS). Awalnya mereka meminta bantuan Gary Kildall dari Digital Research pembuat sistem operasi CP/M.


Namun negosiasi tidak berjalan mulus sehingga akhirnya IBM beralih kepada duo Bill Gates dan Paul Allen yang memiliki program Microsoft DOS. Kontrak pun terjalin dan IBM menuai sukses besar sekaligus mengangkat nama Microsoft. Jika saja Kildall mau menerima tawaran IBM mungkin perusahaannya-lah yang bakal meraksasa seperti Microsoft saat ini.

3. Open Text Sebelum Google
Medio 1990-an ketika perang antarmesin pencari masih berimbang antara Yahoo Altavista dan Lycos ada satu yang mencuat ke permukaan. Open Text Web Index namanya. Mirip Google saat ini Open Text dikenal karena kecepatan respon akurasi dan komprehensif. Tahun 1995 arsitektur Open Text bahkan dibeli Yahoo untuk diterapkan dalam mesin pencariannya.


Namun dua tahun berselang pemilik Open Text memutuskan berpindah haluan ke sektor content management system untuk enterprise. Padahal tahun 1998 Google baru diluncurkan. Jika saja Open Text (dan Yahoo) tetap bermain di teknologi mesin pencari mungkin saat ini merekalah yang memimpin pasar. Sayang mereka tak menyadari besarnya industri mesin pencari pada masa seperti sekarang ini.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Hal Yang Hampir Merubah Sejarah Dunia IT