Fenomena | Misteri | Legenda | Nostalgia

Nokia Bangkrut!.. Pabrik Di Finlandia Akan Tutup September 2012

Beberapa berita baru saja admin rangkum, Hari Jumat (27/7/2012). kemarin Nokia mengkonfirmasi rencana penutupan pabrik terakhirnya di Finlandia yang merupakan negara asal produsen tersebut.  What?!  Nokia Bangkrut!! Pabrik Di Finlandia Akan Tutup September 2012. Kenapa Produk sekelas Nokia bisa bangkrut? Padahal kan merk ini sempat merajai dalam beberapa decade akhir. Apakah gara-gara kalah bersaing dengan blackberry? Terlambat mengantisipasi perubahan? Mengenaskan..

Pabrik yang berlokasi di daerah Salo itu telah berhenti memproduksi ponsel sehari sebelumnya. Menurut jadwal, pabrik akan resmi ditutup bulan September mendatang.

Sebagai akibatnya, sekitar 780 karyawan Nokia akan kehilangan pekerjaan mereka. Ponsel Nokia yang sempat merajai pasaran selama lebih dari satu dekade pun tak lagi bisa menyandang predikat "made in Finland".

Nokia sedang berusaha melakukan penghematan setelah terus merugi selama beberapa kuartal terakhir. Juni lalu produsen ponsel ini mengumumkan rencana merumahkan sekitar 3.700 pekerjanya di Finlandia.
Sebanyak 10.000 karyawan Nokia di seluruh dunia terancam diberhentikan menjelang akhir 2013.
Rencana penghematan lainnya melibatkan penutupan fasilitas riset dan pengembangan Nokia di Kanada dan Jerman.
Nokia mengatakan bahwa penutupan kedua fasilitas itu, bersama dengan pembubaran pabrik terakhir di Finlandia, bisa menghemat uang hingga 2 miliar dollar AS sampai akhir tahun depan.

Cerita Lengkap Kebangkrutan Nokia
Perusahaan telepon genggam Nokia mengumumkan kerugian besar di kuartal pertama tahun ini. Nokia mengungkapkan kerugian bersih selama tiga bulan pertama 2012 mencapai US$1,2 miliar atau sekitar Rp11 triliun.

Kepala Eksekutif Nokia, Stephen Elop, mengatakan perusahaannya menghadapi persaingan yang jauh lebih ketat dari perusahaan-perusahaan lain.
"Selama setahun terakhir strategi yang kami terapkan telah membuahkan hasil. Namun tantangan dan persaingan yang kami hadapi ternyata jauh lebih besar dari yang diperkirakan," kata Elop.

"Kami mencatat kinerja yang bagus di sejumlah pasar, termasuk di Amerika Serikat, namun merebut pasar-pasar lain ternyata tidak semudah yang kami kira," imbuh Elop.
Ia menjelaskan perubahan cepat di industri telekomunikasi global membuat Nokia harus terus melakukan transisi secara cepat.

Tinggalkan Symbian
"Kami mencatat kinerja yang bagus di sejumlah pasar, termasuk di Amerika Serikat, namun merebut pasar-pasar lain ternyata tidak semudah yang kami kira."

Stephen Elop
Di bawah kepemimpinan Elop, Nokia melakukan perubahan dengan perlahan-lahan meninggalkan sistem operasi Symbian dan memasang Windows di telepon genggam pintar mereka.
Diberi nama Lumia, Nokia meluncurkan telepon genggam bersistem operasi Windows pada Oktober tahun lalu.

Para analis mengatakan Lumia belum berhasil mengukuhkan posisi di pasar telepon genggam pintar karena data menunjukkan penjualan ponsel kelas ini turun menjadi 12 juta unit di kuartal pertama tahun ini, sementara setahun sebelumnya Nokia berhasil menjual 24 juta ponsel pintar.
Secara keseluruhan Nokia menjual 83 juta ponsel di periode tersebut, turun dari 108 juta yang dijual Nokia pada 2011.

Menanggapi lesunya tanggapan konsumen terhadap Lumia -yang terjual dua juta unit di seluruh dunia- Elop mengatakan ini menjadi isyarat jelas bahwa Nokia perlu menerapkan strategi dengan lebih agresif.
Nokia masih menjadi pembuat telepon genggam terbesar di dunia, namun popularitas telepon genggam pintar buatan Samsung dan Apple membuat penguasaan pasar Nokia terus menciut.

Nah begitulah sodara-sodara top news terakhir yang admin terima. Jadi bagi anda penggemar berat Produk Nokia harap sabar dan menunggu kabar selanjutnya, mudah-mudahan Nokia tidak jadi bangkrut. Kalo admin pribadi sih kaga maniak merk tertentu, yang penting masih jalan dengan  baik.. yang penting sih fungsinya khan bro?..  makanya Admin belum ngerasa butuh sama yang namanya Blackberry. Yach cukup Hape sikukut aja dah. hehe,
sumber berita: bbc dan kompas.com



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Nokia Bangkrut!.. Pabrik Di Finlandia Akan Tutup September 2012