Fenomena | Misteri | Legenda | Nostalgia

3 Patung Paling Lebay Dan Kontroversial Di Indonesia

patung aneh dan konyol di indonesia
Kebanggaan sepantasnya didasari atas sesuatu prestasi atau nilai jasa yang jelas. Kebanggaan juga harus jelas dasar pijakannya bila mengatasnamakan kenangan atau nostalgia sesuatu hal. Inilah Indonesia dengan sejuta keanehan didalamnya. Ini contohnya, 3 patung paling Lebay dan Kontroversial di Indonesia. Mau atau apa aja? ada Patung Inul, Patung Obama dan Patung Mbah Gusdur. Penghargaan sebagai hal unik dan Nilai seni sih sah-sah saja bila itu landasannya. Asal jangan jadi blunder bila dianggap sebagai penghargaan atas suatu supremasi jasa besar bagi bangsa ini rasanya kurang pantas.

1.  Patung Obama
Setelah menjadi kontroversi, patung Obama Kecil yang terpasang di Taman Menteng, Jakarta Pusat, dipindahkan, Minggu (14/2/2010) malam ke SD 01 Menteng. Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menyetujui aspirasi masyarakat untuk memindahkan "Barry Dreams Statue" di bekas sekolah Barack Obama secara permanen.

patung Obama di indonesia
patung den bagus obama.. 

Keberadaan patung Obama kecil di Taman Menteng menuai protes banyak kalangan karena dinilai tidak pantas mengingat Obama tidak memiliki jasa pada Indonesia. Banyak kalangan menganggap masih banyak tokoh negara ini yang lebih pantas. Patung perunggu dengan tinggi dua meter dirancang seorang seniman patung Ancol bernama Edi Chaniago. Jadi inget isi ramalan Jayabaya makin terbukti saat ini. Pembangunan patung ini digagas oleh lembaga 'Friends of Obama.'  Ngomong-ngomong apa jasanya Obama buat Indonesia?.. Nothing men!! cuma mo niat ngobrolin memperpanjang kontrak PT.Freeport punya  amrik sampe 2041!!.. Nah lohh!!

2. Patung Gus Dur
Patung kontroversial 'Mata Hati Gus Dur' karya Cipto Purnomo menuai kontroversi karena berwujud perawakan Buddha. Bedanya, kepala Sang Buddha diganti kepala Gus Dur lengkap dengan kaca mata tebalnya.

Patung 'mata hati' Gusdur
Patung 'matahati' Gusdur

Patung ini, bersama tiga patung Gus Dur lainnya ditampilkan dalam gelar seni budaya bertajuk 'Multisesigusdurisme' di Studio Mendut di Magelang, pada Jumat, 5 Februari 2010. Menurut Cipto, pembuatan patung kontroversi ini tidak ada niatan untuk menyinggung umat Buddha.
Menurut Cipto, patung Buddha yang berwajah Gus Dur tersebut lebih menggambarkan sosok Gus Dur yang pluralis, bisa diterima masyarakat dan gambaran kebaikan. Cipto tidak berniat menjual patung "Mata Hati Gus Dur" yang berukuran 100 x 90 meter itu. Bahkan, patung tersebut sampai saat ini masih terdapat di Studio Mendut milik Sutanto Mendut.  
wah.. wujud manifestasi, simbolik dan pengkultusan yang berlebihan atas sosok Gusdur yang  menurut admin sih belum apa-apa dalam membesarkan  bangsa ini.  Dihargai sewajarnya sebagai mantan Presiden lainnya sudah lebih dari cukup.

3. Patung Inul
Patung Inul Daratista, yang berada di tengah jalan dekat rumahnya, Jalur Kartika Utama, Pondok Indah, Jakarta diprotes ormas FPI pada tahun 2007. Patung Inul setinggi 2,5 meter lengkap dengan pondasi kotak serta lampu sorot itu berwarna emas. Plakat hitam bertuliskan 'Sumbangan dari Inul Daratista' tampak menghias bungkusan patung itu. 

patung inul daratista
mbok ya nyebut jeng..jeng..!!
Inul menyumbangkan patung dirinya untuk menghiasi jalan yang telah dipenuhi patung lainnya. Akhirnya Patung Inul dibongkar dan diamankan Ketua RT setempat. 
Apa lagi yang ini!!?.. makin aneh aja nih jeng Inul, mbok ya star syndrome–nya di rumah aja, simpen di halaman pribadi ga usah dibawa-bawa ke jalan. Ampun dehh.. 



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 3 Patung Paling Lebay Dan Kontroversial Di Indonesia