Fenomena | Misteri | Legenda | Nostalgia

Legenda Dan Sejarah Bangsa Babylonia

Bagi sobat yang menyukai legenda masa lalu pastinya mengenal tentang kemasyhuran Bangsa Babylonia. Sebuah bangsa yang memiliki peradaban maju di masa kuno. Sebuah bangsa yang sering disebut-sebut dalam banyak literatur kuno. Bagi anda yang ingin mengetahui Legenda dan sejarah Bangsa Babylonia dapat menyimaknya dalam sejarah singkat bangsa Babylon di bawah ini.

Babylon picture, Licensed Eric Lessing, New York
Legenda dan sejarah Bangsa Babylonia

Sebenarnya Babylon merupakan ibukota dari Babylonia, imperium kuno Mesopotamia, yaitu sebuah kota yang terletak di dekat sungai Euphrates, yang sekarang dikenal sebagai Irak selatan.

Sejarah Singkat Bangsa Babylonia  
Berdasarkan sejarah, dinasti pertama dari Babylon didirikan oleh Hammurabi pada masa Neo-Babylonian setelah kehancuran imperium Assyrian. Babylon menjadi salah satu kota terpenting pada zaman Timur Tengah kuno ketika Hammurabi (1792-1750 BC), menjadikannya ibukota kerajaan Babylonia.

Literature bangsa Babylonia dibangun dengan sangat bagus dan rekaman cuneiform yang berhasil ditemukan menunjukkan, agama, sejarah, dan ilmu pengetahuan saat itu sangat berkembang.

Obat-obatan, kimia, alchemy, botany, matematika, dan astronomi juga dipraktekkan. Agama dan tulisan kuno yang berbentuk cuneiform ini berasal dari kebudayaan Sumer yang lebih tua. Mereka juga mengembangkan bentuk abstrak dari tulisan berdasarkan symbol cuneiform (berbentuk baji). Tulisan ini ditulis di tanah lempung yang basah dan dibakar dibawah terik matahari.

“Dongeng tentang penciptaan” bangsa babylonia ditulis dalam tujuh lembaran tanah liat dan ditampilkan serta dibacakan pada festival tahun baru di Babylon.  Bangsa Babylonia mempunyai system angka yang lebih maju dari yang kita miliki sekarang, dengan system posisi dengan dasarnya 60. Mereka juga membuat tabel untuk membantu dalam proses perhitungan. Mereka membagi hari sama seperti yang sekarang kita lakukan, 24 jam dengan 60 menit, untuk setiap jam dan setiap menit 60.

Adat kebiasaan bangsa Babylonia ini ikut mempengaruhi bangsa Assyria dan turut memberikan kontribusi terhadap sejarah Timur Tengah dan Eropa Barat dikemudian hari.

Babylonia mengalami kemerosotan dan jatuh kedalam anarki sekitar 1180 BC, tetapi kemudian tumbuh berkembang kembali sebagai Negara bagian dari imperium Assyria setelah abad ke 9 BC.

Babylon akhirnya dihancurkan pada 689 BC, oleh bangsa Assyria dibawah kepemimpinan SennaCherib, tetapi kembali dibangun lagi. Nabopolassar mendirikan apa yang sekarang dikenal sebagai Chaldean atau Imperium baru Babylonia pada 625 BC, dan akhirnya mencapai masa keemasannya dibawah pemerintahan anaknya Nebuchadnezzar (604-562 BC).

Kejayaan serta kemegahan Babylon menjadi terkenal dan melegenda sejak naik tahtanya Nebuchadnezzar, yang dipercayai sebagai pendiri Taman Bergantung Babylonia. Bagi anda yang ingin mengetahui tentang legenda Taman Bergantung Babylonia dapat mengikuti artikel selanjutnya. 

Demikianlah Legenda Dan Sejarah Bangsa Babylonia.
Tetap di "Memorabilia" Tempatnya artikel fenomenal, legendaris dan misterius.. :)
sumber bacaan: wikipedia



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Legenda Dan Sejarah Bangsa Babylonia