Fenomena | Misteri | Legenda | Nostalgia

Suhu Kutub Utara Tahun 2012 Tertinggi 1800 Tahun Terakhir

Loading...

kenaikan suhu kutub utara 2012
Sadarkah kita kawan bahwa sedikit demi sedikit bahwa planet bumi lambat namun pasti akan menuju kehancurannya. Perubahan demi perubahan memiliki indikasi kearah sana seiring perubahan alam dan kerusakan alam oleh manusia di muka bumi ini. Diketahui saat ini Suhu Kutub Utara Tahun 2012 Tertinggi 1800 Tahun Terakhir. Kawasan Artik di Kutub utara mengalami temperatur tertingginya sepanjang 1.800 tahun terakhir. Artinya wilayah kutub utara mengalami pemanasan dua kali lebih cepat dibandingkan dengan wilayah lain di seluruh planet Bumi.

Hasil Penelitian Suhu Kutub Utara Tahun 2012
Para ilmuwan dari Lamont-Doherty Earth Observatory, Columbia University, AS, menganalisa tingkat lemak tak jenuh pada ganggang yang terkubur dalam lapisan sedimen di Danau Kongressvatnet di kepulauan Svalbard, Norwegia. Wilayah ini termasuk ke dalam kawasan Kutub Utara.

Para ilmuwan ini menyebutkan bahwa pada air yang lebih dingin, ganggang memproduksi lebih banyak lemak tak jenuh. Sementara jika kondisi air lebih hangat, mereka memproduksi lemak jenuh. Tingkat lemak pada ganggang tersebut bisa menyediakan informasi perubahan iklim yang terjadi di masa lalu.

Dari penelitian terhadap ganggang itu didapatkan hasil bahwa musim panas di wilayah tersebut kini lebih hangat dibandingkan temperatur sebelumnya sepanjang 1.800 tahun terakhir.

“Hasil penelitian kami mengindikasikan bahwa temperatur musim panas yang terjadi saat ini di Svalbard lebih tinggi bahkan jika dibandingkan dengan periode terpanas yang pernah terjadi di sana,” tulis William D’Andrea, ilmuwan asal Columbia University, AS di jurnal Geology seperti dikutip oleh Phys.org. ini membuktikan Suhu Kutub Utara Tahun 2012 Tertinggi 1800 Tahun Terakhir.

Pengukuran suhu yang dilakukan para ilmuwan ini juga menunjukkan bahwa kawasan Arktik mengalami pemanasan dua kali lebih cepat dibandingkan dengan kawasan lain di seluruh planet Bumi, dengan tingkat ketebalan es di laut mencapai titik paling tipis dalam sejarah.

Hilangnya lapisan es ini menyebabkan laut menyerap lebih banyak energi dari matahari dan kemudian melelehkan lebih banyak es yang akan terus mengakibatkan kenaikan penyerapan energi panas.

Tahukah kawan akibat bila es di kutub utara mencair?
Volume air laut di planet bumi ini akan bertambah dan suhu bumi juga akan semakin panas. Selain itu daratan akan berkurang seiring volume air laut yang semakin besar. Akankah manusia tersadar akan kerusakan alam? Tentunya tidak, manusia akan tersadar bila bencana datang dan selamanya akan tidak peduli selama keserakahan masih ada di hati manusia.
referensi sumber berita dari Phys.org

Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Suhu Kutub Utara Tahun 2012 Tertinggi 1800 Tahun Terakhir