Fenomena | Misteri | Legenda | Nostalgia

Apakah Ikan Minum Air?

Loading...

ikan minum air?
Pertanyaan ini mungkin pernah terlintas di benak anda ketika kecil dulu atau bahkan anak anda pernah bertanya dengan pertanyan yang serupa. Apakah ikan minum air? Pertanyaan sederhana memang, tapi jawabannya butuh penjelasan yang logis juga bukan? Ada yang bilang ikan ga perlu minum, lah dia hidupnya di air. Oke mari kita bahas pertanyaan sederhana ini kawan. Bagi sahabat pembaca yang masih ingat pelajaran biologi jaman sekolah dulu mungkin bisa menjawab pertanyaan sederhana ini tapi bagi yang lupa mari kita refresh sedikit pengetahuan biologi kita. Sejenak mengalihkan pikiran dari berita-berita politik yang menjemukan.. :)

Jawabannya bisa ya, bisa tidak, tergantung ikan tersebut jenis ikan air tawar atau ikan air laut. Ikan air tawar menyerap air melalui kulit dan insang, sehingga mereka tidak meminum air. Tetapi lain halnya dengan ikan laut yang harus meminum air. Mengapa? Ini berhubungan dengan proses Osmosis, yaitu perpindahan air dari bagian yang lebih encer ke bagian yang lebih pekat melalui membran permeabel selektif (selaput yang dapat ditembus partikel tertentu). Kulit ikan memiliki sifat sebagaimana membran permeabel selektif.

Pada ikan laut, mereka harus minum air laut karena tubuh mereka memiliki konsentrasi garam lebih rendah dari air sekitarnya, artinya cairan dalam tubuh ikan laut lebih encer, sehingga terjadi peristiwa osmosis atau perpindahan air dari tubuh ikan ke lingkungannya yang kondisi airnya lebih pekat. Oleh karena itu, mereka harus minum air dalam jumlah besar setiap hari untuk menjaga tubuhnya agar tidak kekurangan cairan (dehidrasi).

Lain halnya dengan tubuh ikan air tawar yang memiliki konsentrasi garam lebih tinggi daripada air di sekitarnya, artinya cairan dalam tubuhnya bersifat lebih pekat. Sehingga sebagaimana proses osmosis, maka mereka menyerap air melalui kulit mereka yang bersifat sangat permeabel. Oleh karena itu, mereka tidak meminum air, dan untuk mencegah tubuh mereka "meledak" karena kelebihan air, maka ikan air tawar benar-benar harus mengeluarkan air dari dalam tubuhnya (maksudnya kencing) setiap hari hingga 10 kali berat badan mereka. Tentu saja kebiasaan ikan air tawar yang sering kencing tidak akan mungkin dilakukan ikan laut.

Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Apakah Ikan Minum Air?