Fenomena | Misteri | Legenda | Nostalgia

Legenda Bodhidharma, Master Beladiri 9 Matahari dan Jari Zen

Legenda Bodhidharma - Seringkali kita menonton film kungfu dan kita tahu bahwa pertarungan yang dahsyat itu adalah hasil efek film. Tapi ide ceritanya seringkali dari kisah legendaris yang nyata ada. Misalnya saja dalam dunia kungfu, tentunya kita mengenal Tokoh Legenda Bodhidharma, Master Beladiri 9 Matahari dan Jari Zen. Tokoh ini sangat dikenal bagi kalangan pencinta komik silat tiongkok sebagai tokoh yang super sakti. Sebenarnya banyak sekali ilmu-ilmu legendaris yang diciptakan master Zen Bodhidharma selain 9 matahari dan Jari Zen. Kungfu memang menarik untuk disimak kisah-kisahnya.

Kungfu adalah ilmu bela diri dari Tiongkok. Akan tetapi, arti kata kungfu yang sebenarnya memiliki makna luas, yakni sesuatu yang didapat dalam waktu yang lama dan dengan ketekunan yang sungguh-sungguh.

Kungfu mempunyai sejarah dan tradisi ilmu bela diri yang sangat panjang, ketat, teruji dan efektif sejak 5000 tahun yang lalu bersamaan dengan munculnya aliran kepercayaan Dao (Taoisme) yang kelak akan berkembang menjadi agama khusus. Pada tahun 2500-an, mulai bermunculan berbagai aliran Kungfu yang melegenda hingga kini, dimulai dari Kuil Shaolin (Siaw Liem Sie), Wudang (Butong), Omei (Emei-Gobi), Kun Lun, Huasan, Thian San, Khongtong dan lain-lain. Secara umum, terdapat 100 lebih aliran Kungfu dan ribuan jurus serta berbagai jenis ilmu yang unik dan aneh, mulai dari yang paling keras dan ganas (external arts) hingga ilmu yang paling lembut dan ringan seperti kapas.

Beliau adalah pendeta spiritual Zen Budha dari India yang bertapa 9 tahun di Kuil Shaolin dan Pencipta berbagai jenis ilmu legendaris seperti : Ilmu Perubahan Urat & Otot (Yi Jin Jing/I Chin Ching), 9 Matahari (Kiu Yang Cin Keng), 5 Jurus Hewan, Jari Zen, dll. Namun sayangnya, beberapa diantara ilmu tersebut sudah lenyap. 
Konon pada saat menyebrang lautan hingga ke Tiongkok, Beliau hanya berdiri diatas sebatang dahan kecil dan gua tempat pertapaan Bodhidharma meninggalkan bayangan lekuk tubuhnya pada saat bermeditasi di tembok gua hingga kini. Selama bermeditasi 9 tahun di gua tersebut, Bodhidharma mampu mendengar pembicaraan berbagai jenis mahluk hidup seperti semut misalnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Legenda Bodhidharma, Master Beladiri 9 Matahari dan Jari Zen