Fenomena | Misteri | Legenda | Nostalgia

Kepercayaan dan Mitos Perihal Kupu-Kupu

Masyarakat kita sebagai bangsa ketimuran biasanya sangat mempercayai suatu mitos dan juga biasanya suka disangkutpautkan pada firasat ataupun pertanda. Apakah itu fenomena alam, atau kejadian alam kecil yang katanya adalah suatu pertanda bagi kita. Salahsatunya adalah kepercayaan dan mitos perihal kupu-kupu. Mitos atau kepercayaan mengenai kupu-kupu ini sudah ada dan turun temurun sampai saat ini. Kata orang tua dulu terutama di pulau Jawa mengatakan bahwa alam, manusia, tumbuhan dan juga hewan memiliki ikatan yang erat dan juga kuat. Tergantung bagaimana kita menyikapinya. Tapi memang benar bahwa alam memiliki aturannya sendiri dan alangkah lebih baiknya kita juga perlu mempelajari dan memahami alam.

Misteri dan Mitos kupu-kupu di masyarakat

Hubungan Mitos Dan rahasia Alam
Berangkat dari keyakinan tentang hubungan alam dan kita sebagai salah satu makhluk di dalamnya maka hal ini membuat masyarakat memperhatikan kejadian alam sekitar sebagai pertanda bagi kejadian lainnya. Ini bermula dari kepercayaan orang Jawa dulu yang mempunyai ilmu tentang mendeteksi kejadian-kejadian tersebut yang akhirnya berkembang menjadi mitos. 


Namun di masa yang serba modern ini banyak orang yang tidak mempercayai mitos dan menganggap ini cuma kebetulan belaka. Percaya nggak percaya sih sobat Memorabilia, tapi ini memang terjadi.

Mitos Kupu-kupu di Masyarakat
Salah satu mitos yang terkenal dan sering dialami adalah mitos tentang datangnya kupu-kupu di dalam rumah. Banyak orang percaya bahwa kupu-kupu yang masuk rumah ini melambangkan akan ada tamu yang datang ke rumah kita. Apabila kupu-kupu tersebut hinggap di meja atau kursi maka ini pertanda yang kuat bahwa akan ada tamu yang menyambangi rumah. Anda bisa mendeteksi tamu seperti apa yang akan datang dengan memperhatikan bentuk serta warna kupu-kupu yang datang ke rumah Anda. Oya ada kabar lain tentang mitos lain akhirnya terpecahkan yaitu misteri rahasia batu Malin Kundang terpecahkan.

Jika kupu-kupu yang masuk berwarna putih cantik, maka yang datang konon katanya juga orang yang cantik atau tampan. Kalau yang masuk rumah kupu-kupu yang hitam seram maka yang datang juga seram atau bukan tamu yang baik. Jika kupu-kupu yang datang hinggap atau mengelilingi tubuh si pemilik rumah maka yang datang adalah orang dekat seperti sahabat, saudara atau pacar Anda.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kepercayaan dan Mitos Perihal Kupu-Kupu