Fenomena | Misteri | Legenda | Nostalgia

Nostalgia Grup Lawak Kwartet Jaya, Ateng Cs

Nostalgia Grup Lawak Kwartet Jaya - Grup lawak Indonesia dulu pernah mengalami masa-masa kejayaan dimana banyak sekali pelawak-pelawak handal yang malang melintang di dubia hiburan. Selain warkop prambors sebelum dan sesudahnya banyak sekali grup lawak legendaris yang memiliki lawakan-lawakan orisinil yang membuat kita bisa ketawa ngakak. Ga perlu mikir, ga perlu masuk akal yang penting bisa ketawa. Salah satunya adalah grup lawak legendaris Kwartet Jaya, beranggotakan Ateng, Iskak, Eddi Sud dan sol soleh. Waktu kecil dulu sempet lihat film dan dengerin  kaset lawakannya. Sumpah! Lucu baget sob! Nah untuk mengenangnya inilah Nostalgia Grup Lawak Kwartet Jaya, Ateng Cs yang fenomenal dan legendaris di jamannya. Oya sebelumnya pernah gabung juga pelawak Legend Bing slamet.

Kenangan dan Nostalgia Grup Lawak Kwartet Jaya, Bagyo Cs

Kwartet Jaya Grup Lawak Jadul Legendaris

Kwartet Jaya adalah sebuah grup lawak yang merajai pementasan di era 70an. Dibentuk oleh Bing Slamet pada tahun 1967 bersama Eddy Sudihardjo (Eddy Sud), Kho Tjeng Lie (Ateng) dan Iskak Darmo Suwiryo (Iskak). Sebelum bergabungnya Ateng, grup ini bernama EBI: Eddy Sud, Bing, Iskak. Sejarah Kwartet Jaya bisa dirunut dari kisah perjalanan karier Eddy Sud. Eddy memulai kariernya sebagai pelawak pada tahun 1960-an. Selepas sekolah di SMA de Brito Yogyakarta, Eddy mencicipi bangku kuliah di Fakultas Ekonomi UGM. Namun dia tak sempat menamatkan kuliahnya, karena panggilan jiwanya untuk terjun ke dunia lawak.

Kariernya dimulai dengan membentuk grup lawak bersama S Bagyo, Iskak, dan Sol Saleh dengan nama SB. Namun grup itu bubar. Eddy kemudian bergabung dengan Bing Slamet dan Atmonadi dan membentuk grup lawak Sae. Tidak lama kemudian kelompok ini pun tak melanjutkan kebersamaannya dalam mengocok perut penggemar lawak. Eddy kemudian bergabung dengan Bing Slamet, Ateng, dan Iskak membentuk Kwartet Kita. Kelompok lawak ini diubah namanya menjadi Kwartet Jakarta Raya yang disingkat Kwartet Jaya.

Nostalgia Film Bing Slamet Koboy Cengeng - Kwartet Jaya

Admin Memorabilia masih inget bagaimana lucunya dulu akting Bing Slamet dkk dalam Film Bing Slamet Koboy Cengeng, Asli bikin perut sakit karena ketawa, Selain itu juga film "Ateng Minta Kawin" lucu banget.

Pada 1974 Bing Slamet meninggal dan Kwartet Jaya pun bubar bersamaan dengan keluarnya Ateng dan Iskak yang membentuk grup sendiri. Eddy kemudian meminta Krisbiantoro, Adi Bing Slamet, dan Mang Udel untuk bergabung bersamanya.


Bukan hanya panggung lawak yang dijajakinya. Eddy juga malang-melintang sebagai pemain film.
Pada tahun 1960 dia bermain dalam film Berabe, disusul sejumlah film lain. Intermezo sedikit, bicara soal lawak sepertinya tidak asyik kalo belum membaca artikel Warkop DKI - Group Lawak Era 80-90 dan juga sang Maestro Benyamin Sueb - Betawi Legend. Menarik sekali perjalanan karir mereka di dunia hiburan.

Kenangan Grup lawak Kwartet Jaya di era 70-80an

Demikianlah sedikit kenangan dan nostagia dari grup legendaris Kwartet Jaya, Bagyo Cs dimana ateng dan iskak debut terakhirnya bisa dilihat dalam acara hari minggu Ria Jenaka di TVRI. 
Selamat Jalan Kwartet Jaya, Kisahmu akan selalu abadi.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Nostalgia Grup Lawak Kwartet Jaya, Ateng Cs