Fenomena | Misteri | Legenda | Nostalgia

Sifat Teladan Semut, Lebah Dan Singa Bagi Kehidupan Manusia

Sifat Teladan Binatang - Mencari teladan bisa kita dapatkan dari berbagai hal dan juga dari berbagai makhluk. Manusia memang dikatakan makhluk yang sempurna namun terkdang banyak tersimpan kelemahan di dalamnya. Dalam hati dan jiwanya.  Sebenarnya banyak contoh sederhana yang bisa kita jadikan teladan dari kehidupan para binatang tentunya dilihat dari sisi positifnya. Misalnya saja sifat teladan semut, lebah dan singa bagi kehidupan manusia. Kenapa Cuma 3? Sebenarnya banyak juga teladan baik dari peri laku binatang dalam kehidupan sehari-harinya seperti sifat setia anjing dan juga sifat pemaaf Gajah misalnya. Kita bahas yang tiga saja dulu.

Sifat Teladan Semut Bagi Manusia

Jiwa Sosial Yang Ada Pada Diri Semut
Banyak orang menganggap bahwa Semut termasuk hewan lemah, kecil, dan (nyaris) tak berguna. Jika kamu juga berpikir demikian, segera tarik kembali ucapanmu. Sebab meski berbadan kecil, tetapi masih ada sifat baik yang bisa teladani dari binatang yang nyaris ada dimana saja ini.Jiwa sosial dan gotong royong pada diri Semut memang tak bisa dibantah lagi. Mereka akan saling membantu apabila ada satu Semut yang kesusahan. Begitu pula ketika dapat makanan. Pasukan Semut akan berbaris rapi membawa makanan untuk dimakan atau disimpan.


Belum lagi ketika kamu berpikir ada Semut sering bertabrakan. Sebenarnya mereka tidak sedang bertabrakan. Yang benar adalah mereka saling menyapa ketika bertemu. Lalu bagaimana jiwa sosial yang ada pada diri manusia saat ini? Silahkan renungkan dan lihatlah diri anda sendiri.

Semua Sifat Lebah
Inilah sifat baik dari seekor Lebah :
Lebah hanya menyengat apabila diganggu.
Lebah memiliki satu Ratu Lebah dan selalu patuh kepada sang ratu.
Serangga kecil ini memproduksi sesuatu yang sangat bermanfaat bagi manusia, yakni madu.
Lebah hanya memakan makanan yang baik, yakni madu pada bunga.

Sifat Teladan Lebah bagi Manusia

Setelah menghisap madu, Lebah akan meninggalkan sesuatu yang bermanfaat, yaitu ikut membantu penyerbukan pada bunga tersebut.
Salah satu fakta mencengangkan dari hewan ini adalah Lebah tak pernah merusak bunga yang ia hinggapi. Bahkan konon hingga saat ini belum pernah ada satu pun daun yang jatuh karena ulah lebah.

Singa Dengan Keberanian Dan Kekuatannya
Salah satu sifat buruk manusia adalah ragu-ragu dan terlalu takut dalam mengambil keputusan. Padahal jiwa seperti itu melambangkan pengecut yang tak mau menerima resikonya. Sebaiknya contohlah si raja hutan ini. Jangan dilihat dari sisi negatifnya yang sering memangsa hewan lainnya. Karena singa ditakdirkan sebagai binatang Carnivora atau pemakan daging. Tapi ambil pelajaran dari sifat baiknya.

Sifat Teladan Keberanian Singa bagi manusia

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Singa memiliki kekuatan dan keberanian yang membuatnya ditakuti semua hewan. Hal seperti inilah yang harusnya ada pada diri manusia. Kita harus memiliki keberanian untuk segera mengambil keputusan, dan kekuatan untuk menghadapi resiko yang telah kita pilih.


Bagaiman cukup baik bukan teladan yang diberikan perilaku semut, lebah dan singa diatas. Banyak sekali hal lainnya yang bisa kita jadikan teladan dari hal-hal sederhana di sekitar kita tapi luput dari perhatian kita. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Sifat Teladan Semut, Lebah Dan Singa Bagi Kehidupan Manusia