Fenomena | Misteri | Legenda | Nostalgia

Misteri Look Thep, Fenomena Boneka Pesugihan Thailand

Kepercayaan tiap daerah dan bangsa lain pastinya ada kesamaan dan ada juga perbedaan. Dalam beberapa kepercayaan di Indonesia ada fenomena pesugihan di beberapa tempat dengan cara-cara yang berbeda. Begitu pula dengan di Negara Thailand ada satu kepercayaan yang unik dan juga menyeramkan yaitu misteri Look Thep, Fenomena Boneka pesugihan thailand yang dipercaya masyarakat di Thailand dapat memberikan keberuntungan berupa harta benda dan kekayaan yang berlimpah. Uniknya Mitos pesugihan dari Thailand ini bentuknya dalam bentuk boneka sebagai mediatornya. Apa yang membuat boneka mistis ini menjadi unik dan bisa mendatangkan kekayaan?

Fenomena dan mitos boneka pesugihan Look Thep di Thailand

Tidak seperti di Indonesia dimana ritual pesugihan dilakukan dengan ritual ziarah dan lelaku khusus seperti misalnya saja mitos pesugihan gunung Kawi yang terkena l di kota Malang Di Thailand justru metode pesugihannya dilakukan dengan metode ritual boneka yang akan memberikan keberuntungan bagi pemiliknya. Di Indonesia biasanya boneka kebanyakan dijadikan mainan anak-anak karena bentuknya yang lucu dan menggemaskan, tapi sama juga tidak sedikit boneka yang dijadikan sebagai sarana mistis. Sebut saja boneka Jaelangkung, Jenglot, boneka santet dan sebagainya. Di Thailand juga demikian, disana dikenal boneka Look Thep yang diyakini masyarakat Thailand sebagai boneka yang dapat membawa keberuntungan dan kemakmuran bagi pemiliknya. Fenomena Boneka Look Thep menurut penulis agak sedikit menyeramkan karena diyakini boneka ituberisi arwah yang membawa kemakmuran bagi pemiliknya.

Boneka Look Thep diyakini memiliki arwah dan dapat hidup layaknya manusia. Melalui ritual khusus, arwah anak-anak diyakini hidup didalam boneka Look Thep yang telah dirituali secara khusus. Look Thep dianggap sebagai rumah bagi arwah bayi atau janin yang masih suci yang meninggal saat masih didalam kandungan.


Bukan hanya kalangan masyarakat kuno saja yang percaya akan mistis bahwa Look Thep memiliki nilai spiritual yang dapat membawa keberuntungan dan kemakmuran, beberapa selebritis di Thailand bahkan memiliki beberapa boneka tersebut. Orang yang memiliki boneka Look Thep dianggap sebagai orang tua angkat bagi arwah bayi atau janin yang menghuni boneka tersebut.

Trend Boneka Look Thep Menjamur di Thailand

Fenomena aneh boneka pesugihan ini ternyata kini sedang menjadi tren di Thailand yang dikenal dengan nama negeri Gajah Putih. Tidak hanya masyarakat biasa bahkan sampai selebriti dikabarkan menggandrungi Look Thep boneka-boneka lucu yang diisi dengan roh halus. Mereke rela membeli dengan harga mahal boneka-boneka Look Thep tersebut. Apa ga takut gitu ya beli yang begituan?

Apa Boneka Look Thep itu?

Look Thep, atau Anak Dewa, demikian boneka-boneka itu diberi nama. Boneka ini diyakini dihuni arwah anak-anak yang diciptakan melalui upacara ritual yang rumit. Mereka dianggap sebagai versi modern dari kuman thong ,sebuah praktik menyembah janin manusia yang meninggal dunia di rahim.

Bookkoh Thannatchayapan.dengan Look Thep bernama Wansai

Para pemilik Look Thep dianggap memuja arwah anak-anak yang belum sempat hadir ke dunia tanpa harus memiliki janin mati. Salah satunya adalah DJ radio ternama di Thailand, Bookkoh Thannatchayapan. Ia bercerita mengenai hoki yang dibawa boneka yang diberinya nama Wansai. Dan Konon dia selalu beruntung setelah memiliki boneka Look Thep tersebut. Terlepas dari benar atau tidaknya Fenomena Boneka Look Thep ini membuktikan bahwa Thailand memang negeri yang kental budaya mistisnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Misteri Look Thep, Fenomena Boneka Pesugihan Thailand