Fenomena | Misteri | Legenda | Nostalgia

FENOMENA PENEMUAN BARU GUNUNG TERBESAR DI DUNIA!

Berkali-kali admin menayangkan tentang misteri dan fenomena gunung berapi yang ada di Indonesia dan di dunia. Ternyata baru-baru ini ditemyakan sebuah gunung baru yang di klaim para ilmuwan sebagai gunung berapi terbesar di dunia! Nama Gunungnya adalah Gunung Tamu Massif. Fenomena penemuan baru gunung api terbesar di dunia ini pernah diulas di berbagai media seperti liputan6, kaskus dan wikipedia. Mungkin bagi anda yang pernah membaca bahwa sebelumnya gunung api terbesar adalah gunung api Mauna Loa di Hawaii tapi kini rekor tersebut dipegang oleh Gunung Tamu Massif yang tersembunyi di dasar alut Samudera Pasifik. Meskipun bukan gunung tertinggi di hitung dari dpl tapi gunung ini merupakan gunung api terbesardan terluas di dunia. Gunung ini hampir sebesar kepulauan Jepang dan merupakan Gunung terbesar di Tata Surya yang ditemukan saat ini. Bayangkan bila gunung Tamu Massisf ini meletus, apa yang akan terjadi?

FENOMENA PENEMUAN BARU GUNUNG TERBESAR DI DUNIA

Penemuan Gunung Tamu Massif

Pernahkah Anda mengenal nama gunung Tamu Massif? Belum lama ini ilmuwan menemukan sebuah gunung berapi yang berada di dasar laut Samudera Pasifik. Gunung Tamu Massif atau Gunung Tamu ini menjadi salah satu penemuan paling fenomenal di abad ini. Bukannya tanpa alasan, Gunung Tamu ditemukan di dasar laut Samudera Pasifik setelah sebelumnya tak terdeteksi sama sekali sebagai gunung berapi dasar laut. Namun setelah penemuan fenomenal tersebut, Gunung Tamu dinobatkan sebagai Gunung Berapi terbesar di dunia dan paling misterius karena lokasinya yang berada jauh di dasar Samudera Pasifik.

Tamu Massif - Gunung terbesar dan terluas di dunia

Gunung Berapi ini berukuran luar biasa dahsyat, sebuah bentuk Gunung Berapi terbesar di dunia.

Gunung terbesar di dunia selama ini ternyata tersembunyi di dasar Samudera Pasifik. Demikian diumumkan para ilmuwan di jurnal sains, Nature Geoscience. Lokasi persis gunung itu berada 1.600 kilometer timur Jepang.

Baca Juga : 5 Gunung Tertinggi Di Tata Surya

Dinamakan Tamu Massif, ia mengalahkan rekor sebelumnya, Mauna Loa di dasar laut Hawaii. Ukuran Tamu Massif hanya 25 persen lebih kecil dari Olympus Mons atau British Isles di Planet Mars -- gunung terbesar di Tata Surya. Demikian diungkap penulis studi sekaligus geolog dari University of Houston, William Sager.

Tamu Massif Gunung Terbesar di Dunia

"Kami pikir Tamu Massif adalah adalah kelas gunung berapi yang belum diakui sebelumnya," kata William Sager seperti dimuat situs sains, Live Science, 5 September 2013. "Lerengnya sangat dangkal. Sulit untuk memastikan di mana turunannya."

Tamu memiliki luas 650 kilometer, namun tingginya hanya 4 km. Ia pernah meletus beberapa juta tahun selama awal periode Cretaceous sekitar 114 tahun lalu, lalu punah alias raib.

Menguak Misteri Dataran Tinggi Laut

Seperti halnya gunung besar lainnya, Tamu Massif memiliki kerucut yang melelehkan lava ke bagian bawahnya. Bukti tersebut didapat dari survei seismik dan sampel lava yang susah payah dikumpulkan selama beberapa tahun penelitian, menggunakan kapal khusus.

Gelombang seismik menunjukkan aliran lava mengalir jauh dari puncak gunung berapi. Tampaknya ada serangkaian kaldera di puncak, yang bentuknya mirip dengan bentuk kawah memanjang yang bertemu di satu titik seperti Mauna Loa.

Hingga akhirnya terkuak, para ahli geologi sebelumnya menduga, Tamu Massif adalah bagian dari dataran tinggi laut yang disebut Shatsky Rise di barat laut Samudera Pasifik.

Status baru Tamu Massif sebagai gunung berapi tunggal bisa membantu model terkait bagaimana dataran tinggi laut terbentuk.

Gunung Tamu Massif - Penampakan dari permukaan laut
Gunung Tamu Massif - Gunung Api terluas dan terbesar di dunia
Sager mengatakan, bisa jadi temuan gunung lain yang lebih tinggi menunggu untuk diungkap di dataran tinggi laut lainnya. Seperti Ontong Java Plateau, yang terletak di utara Kepulauan Solomon di barat daya Samudra Pasifik . "Strukturnya yang berada jauh di dasa laut membuatnya benar-benar sulit untuk dipelajari, " katanya.

"Namun, kami tak akan terkejut jika ada temuan gunung yang lebih besar dari Tamu di masa depan," kata Sager. Dataran tinggi oseanik adalah tumpukan terbesar lava di Bumi. Yang dikaitkan dengan proses kepunahan massal dan perubahan iklim.

Oh ya, nama Tamu diambil dari Texas A and M University, di mana Sager mengajar selama 29 tahun sebelum pindah ke University of Houston tahun ini.

Baca Juga : Misteri Letusan Dahsyat Gunung Toba Terungkap 

Lokasi gunung Tamu Massif berada di salah satu wilayah terpencil yang tak pernah terjamah manusia
Kenyataan bahwa Gunung Tamu Massif tak pernah terdeteksi oleh ilmu pengetahuan selama beberapa dekade terakhir adalah wajar mengingat lokasi Gunung Tamu berada di kawasan paling terpencil di dunia. Gunung Tamu terletak di kawasan barat laut Samudera Pasifik. Jika ditarik garis lurus lokasinya berada sekitar 1.600 km sebelah timur Jepang. Gunung berapi terbesar di dunia ini terletak di kedalaman sekitar 2.000 meter di dasar laut Samudera Pasifik.

Ilmuwan terkaget mengetahui betapa besarnya Gunung Tamu Massif

Mengapa bisa gunung berapi di dasar Samudera Pasifik ini dinobatkan sebagai gunung berapi terbesar di dunia? Seberapa besar gunung Tamu ini? ilmuwan telah melakukan analisis terbaru menggunakan perangkat magnetik dan sonar dengan menembakkan langsung ke dasar samudera yang dalam. Setelah melakukan pemetaan 3D baru diketahui bahwa Gunung Tamu punya ukuran yang luar biasa dahsyat. Bayangkan saja, ketinggian Gunung berapi ini memang tak seberapa, hanya 4.400 meter dari dasar samudera. Puncaknya pun tidak menembus permukaan samudera dan berada sekitar 2.000 m di bawah permukaan laut. Sedangkan lembahnya berkedalaman 6.4 km.

Penampakan Luas Gunung Massif dalam teknologi 3D

Namun yang mengejutkan, bentuk Gunung Tamu seperti gunung api tipe perisai ini berukuran 450-650 kilometer. Gunung ini 50 kali lebih besar dari gunung berapi aktif terbesar di Bumi, Mauna Loa di Hawaii! Jika dibandingkan, besar Gunung berapi Tamu Massif ini seukuran dengan wilayah New Mexico atau sebesar setengah dari ukuran Pulau Sumatera atau bayangkan saja Pulau Sumatera dibelah menjadi dua bagian!

Puncak utama Gunung Tamu Massif kemungkinan besar adalah gunung berapi tunggal

Diperkirakan bahwa besarnya Gunung Tamu Massif bukanlah terbentuk oleh beberapa bagian Gunung Berapi. Pasalnya ilmuwan hanya menemukan satu dapur vulkanik super besar dan membuktikan bahwa puncak utama Gunung Tamu Massif kemungkinan berbentuk gunung berapi tunggal! Jadi bayangkan saja apa jadinya jika Gunung Berapi yang berukuran sebesar 650 km persegi meletus di dasar samudera Pasifik?

Menurut William Sager, seorang Geolog di University of Houston, sisi barat dari Gunung Tamu Massif sebenarnya adalah sebuah gunung terpisah yang terbentuk lain waktu. Hal itu menjelaskan beberapa perbedaan antara bagian barat dari gunung itu dengan bagian utamanya. Tim juga menemukan bahwa Gunung Tamu Massif mempunyai banyak kawah dan tebing dan Gunung Tamu Massif terbesar di dunia

Tim saintis membuktikan Gunung Tamu massif merupakan gunung berapi tunggal,bukan satu kompleks gunung berapi yang saling bertumbukan. Riset ladang magnetic ini menunjukan bahwa gunung itu terbentuk dengan relatif cepat, sekitar 145 juta tahun yang lalu, sebagian dari gunung berapi itu menunjukkan garis-garis magnetik atau pita-pita dengan sifat magnetik yang berlainan, berarti lava telah mengalir keluar secara merata dari punggung gunung yang berada di tengah laut itu.

Baca Juga : Fenomena Dan Misteri Gunung Kawi Dan Mitos Pesugihan

Demikianlah ulasan mengenai penemuan alam terbaru tentang Gunung Tamu Massif Gunung Berapi terbesar di dunia dan sampai saat ini masih dimonitor dan diawasi perkembangan gunung ini untuk melihat aktifitas dan kemungkinan apa yang bakal terjadi di masa depan terkait keberadaan gunung berapi ini.

Referensi
Wikipedia, Liputan 6, Kaskus
Dan sumber lainnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : FENOMENA PENEMUAN BARU GUNUNG TERBESAR DI DUNIA!