Fenomena | Misteri | Legenda | Nostalgia

MISTERI MALAIKAT PENJAGA GUNUNG DAN MALAIKAT PENJAGA POHON

Jika sahabat pembaca seorang Muslim tentunya mengetahui tentang Rukun Iman. Salah satu dari rukun iman adalah iman kepada malaikat-malaikat Allah. Stiap malaikat mempunyai tugasnya masing-masing misalnya malaikat Raqib dan atid yang bertugas mencatat amal baik dan amal buruk. Ada Malaikat Jibril, izrail, Israfil dll. Tapi tahukah kawan bagi anda seorang pecinta alam yang suka adventure ke gunung ternyata ada juga malaikat yang khusus menjaga gunung dan juga malaikat penjaga pohon. Misteri malaikat penjaga gunung dan malaikat penjaga pohon ada hadist-nya di dalam Islam. Mungkin bisa jadi anda yang pencinta alam bisa bertemu malaikat ini nantinya. Daripada ketemu dedemit, jin dll kan mending ketemu malaikat. Betul??

MISTERI MALAIKAT PENJAGA GUNUNG DAN MALAIKAT PENJAGA POHON

Jika agan adalah seorang pecinta alam atau sering berjalan di dalam hutan, bila sobat kehilangan arah dan tersesat maka sobat bisa berdoa pada Allah untuk ditunjukkan jalan. Bisa jadi nanti dengan perantaraan Malaikat penjaga gunung anda mendapatkan pertolongan untuk keluar dari hutan atau jalan tersesat. Tentunya ini atas seizin Allah SWT.

Misteri Malaikat Penjaga Gunung

ALLAH memberikan tugas kepada salah seorang malaikat-NYA supaya mengurusi gunung beserta isinya. Telah dikisahkan tentang keluarnya Rasulullah untuk berdakwah kepada Ibnu Abdi Yalil bin Abdu Kulal, tetapi mereka itu menolak ajakan baginda dengan cara kasar dan menyakitkan.

Maka ketika Rasulullah sedang duduk beristirahat karena lelah, Jibril datang dan berkata :

"Sesungguhnya ALLAH telah mendengar perkataan kaummu kepadamu dan bagaimana cara mereka menolak ajakanmu. ALLAH telah mengutus malaikat penjaga gunung kepadamu agar engkau perintahkan dia menurut apa yang engkau suka."

Kemudian malaikat penjaga gunung itupun datang dan memberi salam kepada baginda sambil berkata :

"Wahai Muhammad, jika engkau suka, aku akan hempaskan dua gunung besar itu kepada mereka."

Terhadap tawaran malaikat penjaga gunung itu, Rasulullah hanya menjawab :
"Bahkan aku berharap agar ALLAH mengeluarkan dari keturunan mereka, orang yang mau menyembah ALLAH, serta tidak menyekutukan sesuatu dengan-NYA." (H.R. Bukhari).
Misteri Malaikat Penjaga Pohon

ALLAH menyerahkan urusannya kepada sekelompok malaikat untuk mengurus daun-daun di pepohonan.

Fenomena misteri malaikat Allah Dalam Islam

Telah disebutkan dalam sebuah riwayat Imam Baihaqi dari Ibnu Hanbal, beliau berkata :

"Aku mengerjakan haji sebanyak lima kali. Dua kali di antaranya naik kendaraan dan tiga kali berjalan kaki. Pada satu kali perjalanan haji, aku pernah tersesat. Waktu itu aku berjalan kaki. Maka aku berkata : "Wahai hamba ALLAH, tunjukkanlah aku jalan!". Aku terus-menerus berkata demikian sehingga aku sampai ke jalan yang dituju.

Yang dimaksudkan dengan 'hamba ALLAH' oleh beliau adalah para malaikat yang mengurus daun-daun di pepohonan, sebagaimana riwayat dari Ibnu Abbas yang dituliskan oleh Imam Baihaqi dalam kitab Syu'abul Iman :
"Sesungguhnya ALLAH azza wa jalla mempunyai malaikat-malaikat selain malaikat Hafazah yang bertugas mencatatkan daun-daun yang jatuh. Maka apabila kamu mendaki di hutan belantara, hendaklah kamu memanggil : Tolonglah wahai hamba ALLAH, semoga ALLAH ta'ala merahmati kamu." (Diriwayatkan oleh Imam Baihaqi dalam Syu'abul Iman)
Baca Juga : Rahasia Misteri Mukjizat Sumur Air Zam-zam Yang Tidak Pernah Habis

Dalam satu riwayat menurut Imam Baihaqi pula, disebutkan :

"Sesungguhnya ALLAH mempunyai malaikat di bumi yang dipanggil malaikat Hafazah. Dia bertugas mencatat daun-daun pohon yang jatuh. Maka apabila kamu sedang berjalan di tempat tinggi di bumi dan tidak ada siapapun yang dapat menolong disitu, maka memanggillah : Ibadallah, aghithunaa, au ainunaa, rahimakumullah (Wahai hamba ALLAH, tolonglah kami, semoga ALLAH merahmati kalian). Sesungguhnya dia akan datang."

Baca Juga : Inilah Makhluk Terkutuk Penghuni Bumi Pertama Sbelum Nabi Adam!!

Demikianlah ulasan perihal mitos, fenomena dan misteri perihal malaikat penjaga gunung dan malaikat penjaga pohon yang tercantum dalam beberpa hadist dan riwayat. Pada dasarnya kajian mengenai malaikat ini sangatlah luas karena dalam setiap urusan pasti Allah menugaskan malaikat untuk mengurusnya.

Wallahu alam bissawab



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
loading...

Related : MISTERI MALAIKAT PENJAGA GUNUNG DAN MALAIKAT PENJAGA POHON