Kisah Misteri Fenomena Jembatan Misterius Di Madura

Alam memang memiliki keunikannya tersendiri. Terlepas apakah fenomena tersebut dikaitkan dengan kejadian alam yang logis atau bahkan mistis. Terkadang sebuah cerita dari masyarakat setempat juga merupakan sebuah misteri tersendiri bagi orang lain yang mendengarkannya. Misalnya saja tentang Kisah misteri fenomena alam yang aneh di Madura tentang adanya fenomena munculnya jembatan yang muncul tiba-tiba dengah lautan. Masyarakat mengkaitkan hal ini dengan hal gaib karena jembatan yang panjangnya 1,5 kilometer tersebut hanya dalam waktu satu malam dengan suasana yang mistis di malam hari.

Kisah Misteri Fenomena Jembatan  Misterius Di Madura

Tak dapat dipungkiri memang jika alam memiliki beberapa fenomena yang mengejutkan hingga yang tak masuk akal. Fenomena yang terjadi di alam banyak dikaitkan dengan mistis, mitos bahkan ada yang berpikir hal tersebut adalah konspirasi. Namun, tidak sedikit juga yang mengira jika fenomena tersebut bisa saja terjadi karena proses alamiah. Fenomena alam yang menarik salah satunya bisa dijumpai di daerah Madura. Daerah yang satu ini tidak hanya terkenal dengan kelezatan satenya, namun juga menyimpan fenomena-fenomena alam misterius dan dianggap sebagai Cerita horor oleh sebagian orang. Cerita tersebut berkaitan dengan fenomena pulau dan jembatan yang ada di sana.

Cerita horor tentang fenomena jembatan

Masyarakat sekitar dusun Sitembang tepatnya di daerah pulau Kangen sumenep sempat dikejutkan dengan munculnya jembatan yang dianggap ajaib di tengah lautan. Faktanya, selama ini warga sekitar belum pernah menyaksikan orang yang membangun jembatan tersebut. Pasalnya, jembatan atau pulau karang tersebut muncul pada hari jumat malam. Fenomena Cerita horor ini diawali oleh salah seorang warga yang menyaksikan sinar di tengah laut. Sinar tersebut berupa api dan mengeluarkan asap.

Bersamaan dengan sinar tersebut, terdengar suara seperti orang-orang yang sedang bekerja bakti. Di pagi harinya, tiba-tiba muncul jembatan di tengah laut tersebut. Jembatan tersebut mempunyai panjang sekitar 1.5 kilometer dengan lebar kira-kira tujuh meter yang melintang ke arah barat dan timur. Cerita horor ini semakin membuat penasaran karena jembatan tersebut sudah tertata begitu rapi seperti yang dibangun oleh manusia. Bahan-bahan yang digunakan adalah batu-batu gunung.

Sampai saat ini, warga sekitar belum mengetahui siapa yang telah membangun jembatan tersebut. Banyak yang menganggap jika hal tersebut adalah tangkis siluman. Daerah tersebut memang dikenal sebagai kawasan angker yang kerap kali memakan korban jiwa. Dulunya, daratan tepi pantai ini juga dikenal sebagai tempat bertapa. Selain menyebar Cerita horor dan mistis tentang jembatan tersebut, ada yang menyebutkan jika hal tersebut terjadi karena proses alam yang cukup panjang hingga tumpukan karang terlihat atau muncul ke permukaan.

Kepala desa setempat menyebutkan adanya cerita sesepuh desa yang pernah berupaya membuat tangkis laut beberapa tahun yang lalu. Menurutnya, tangkis laut tersebut dibangun di desa Prancak yang tidak jauh dari lokasi jembatan tersebut. Namun sekarang, tangkis tersebut sudah rusak. Beliau juga menambahkan jika mungkin saja jembatan misterius yang muncul berasal dari tangkis laut yang sudah rusak tersebut.

Hal tersebut diperkuat dengan pernyataan salah satu dosen yang menyatakan jika tumpukan karang yang terlihat atau jembatan misterius tersebut didominasi oleh terumbu karang yang telah mati dan dibawa arus laut dengan mudah. Dengan adanya fluktuasi arus serta sedimentasi air yang begitu tinggi berpotensi adanya tumpukan yang menyerupai pulau kecil tersebut. beliau juga menyebutkan jika beberapa tahun yang lalu terdapat rifwall atau semacam tangkis laut yang berguna untuk meredam ombak bagi para nelayan. Menurut penuturannya, terumbu karang yang menumpuk tersebut menjadi sebuah gundukan dengan bentuk karang mati atau lebih dikenal dengan sebutan hard coral yang diakibatkan oleh terjangan ombak yang begitu kuat dan akhirnya karang tersebut pecah kemudian terbawa arus darat. Beliau juga menambahkan jika gundukan karang tersebut juga disebabkan oleh pemanasan global. Terlepas dari penuturan secara akademis, fenomena munculnya jembatan di tengah laut tersebut masih dianggap sebagai Cerita horor bagi masyarakat sekitar.
Baca Juga: Mengungkap Mitos Carok Dan Celurit
Demikianlah ulasan mengenai Kisah Misteri Fenomena Jembatan Misterius Di Madura. Sebuah fenomena msiteri alam yang muncul di Madura dan masih menjadi perdebatan sampai hari ini. Benarkah hal ini merupakan hal gaib ataukan memang suatu kejadian alam yang bisa dijelaskan secara nalar. Sepertinya fenomena jembatan alam misterius ini perlu mendapatkan kajian lebih lanjut lagi.