Misteri Kisah Kota Saranjana Fenomena Kota Misterius Di Kalimantan

Kekayaan alam dan Budaya Indonesia sangat terkenal di seluruh dunia. Selain itu wilayahnya juga terkenal bmasih banyak yang angker dan misterius. Sampai-sampai ada film fiksi klasik yaitu Kingkong seekor monyet raksasa yang konon berada dekat pulau Borneo di Indonesia yang selalu tertutup kabut. Nah ada lagi satu kota yang menjadi fenomenal dan banyak kesaksian tentang adanya satu kota misterius di Kalimantan. Itulah Kota Saranjana. Misteri Kisah kota Saranjana merupakan fenomena kota misterius di Kalimantan yang konon memiliki peradaban yang lebih maju dan makmur.

Misteri Kisah Kota Saranjana Fenomena Kota Misterius Di Kalimantan

Sebelumnya mungkin beberapa sahabat pembaca pernah mendengar tentang sebuah kota yang disebut Kota Saranjana. Ya, kota ini banyak dikisahkan di forum-forum dalam negeri maupun luar negeri sebagai kota misterius yang berperadaban maju tapi ada juga yang mengaitkannya dengan dunia mistis yang penuh dengan misteri.

Kota Saranjana adalah sebuah kota yang konon terletak di daerah Kotabaru, Kalimatan tepatnya di Desa Oka-Oka, Kecamatan Pulau Laut Kelautan. Walaupun cerita tentang kota ini disampaikan secara turun-temurun dari para orangtua para penduduk asli, namun tidak ada yang berhasil membuktikan keberadaannya.

Goa yang mitosnya pintu masuk Ke Kota Saranjana
Goa yang mitosnya pintu masuk Ke Kota Saranjana
Masyarakat setempat meyakini bahwa kota Saranjana adalah sebuah kota berperadaban maju yang ditempati makhluk gaib. Dan berdasarkan kabar dari orang-orang yang mengaku pernah memasuki kota tersebut, tata kotanya sangat maju dan memiliki jalan raya yang lebar, gedung perumahan megah dengan pagar-pagar yang menjulang.

Rumor yang beredar, di kota tersebut banyak terdapat gedung-gedung pencakar langit, mobil, serta warung-warung. Ada juga cerita tentang suatu kejadian mistis ketika sebuah kapal ferry mengangkut banyak penumpang dari Tanjung Serdang Kotabaru, namun ketika merapat ke Pelabuhan Batulicin tiba-tiba para penumpang tersebut menghilang.

Belakangan santer terdengar bahwa para penumpang tersebut adalah penduduk kota Saranjana. Selain itu masih terdapat berbagai rumor lain yang berkembang di masyarakat setempat, berikut ini:

1. Pembelian alat berat

Pada tahun 1980-an, penduduk Kotabaru dikagetkan dengan kedatangan sejumlah alat berat yang berasal dari Jakarta.

Alat-alat berat tersebut dikirimkan ke Kotabaru ke alamat tujuan Kota Saranjana dengan keterangan sudah dibayar lunas oleh masyarakat kota tersebut.
Tentu saja hal itu membingungkan perusahaan pengiriman, karena ternyata alamat Kota Saranjana tidak pernah ditemukan.

Jika kejadian tersebut adalah hasil perbuatan iseng seseorang, tentu hal itu adalah perbuatan iseng yang paling memakan banyak biaya.

2. Tercantum di dalam peta tahun 1845

Kita tidak akan pernah menemukan kota Saranjana di peta manapun saat ini, namun ternyata pada tahun 1845 Salomon Muller membuat sebuah peta yang disebut sebagai Saranjana.

Peta kuno menunjukan Kota Saranjana di Kalimantan

Naturalis berkebangsaan Jerman ini membuat sebuah peta berjudul "Kaart van de Kust-en Binnenlanden van Banjermasing behoorende tot de Reize in het zuidelijke gedelte van Borneo"

Pada peta dengan judul yang artinya "peta wilayah pesisir dan pedalaman Borneo" tersebut tergambar sebuah wilayah yang ditulis sebagai "Tandjong (hoek) Serandjana."
Wilayah ini terletak di sebelah selatan Pulau Laut, berbatasan dengan Poeloe Kroempoetan dan Poeloe Kidjang.

Terkait kapasitasnya dalam pembuatan peta, Muller adalah anggota des Genootschaps en Natuurkundige Komissie in Nederlands Indie yang telah mengikuti pelatihan dari Museum Leiden.
Pada saat itu ia tengah melakukan penelitian mengenai dunia flora dan fauna di kepulauan Indonesia.

3. Konser Ada Band Ditonton Penduduk Kota Saranjana

Dikutip dari sebuah media online, Group Band terkenal Ada Band dikatakan pernah mengalami kejadian mistis terkait kota Saranjana.
Pada tahun 2005 Ada Band mengadakan konser di daerah tersebut dengan penjualan tiket sebanyak 7.000 sampai 8.000 lembar.

Namun anehnya pada saat konser berlangsung, jumlah penonton mencapai hingga dua kali lipat.

Gerak-gerik penonton pun sangat tidak lazim. Bukannya bergerak dan berteriak antusias atau ikut menyanyi, mereka hanya memperhatikan dan diam tidak bergerak.
Kemudian hal aneh lainnya, pada saat konser berlangsung panitia meminta penonton yang berdiri di tengah untuk bergeser ke samping.

Padahal anggota band melihat di bagian samping sudah terisi penonton-penonton lainnya. Dan pada saat acara berakhir, penonton berjumlah belasan ribu orang tersebut bergerak meninggalkan acara dengan sangat cepat padahal akses keluar hanya satu.

4. Penduduknya Berpenampilan Rupawan

Dikatakan bahwa penduduk gaib kota Saranjana berpenampilan layaknya manusia, tetapi mereka memiliki fisik yang rupawan.
Para wanitanya berparas cantik dan para pria nampak gagah. Selain itu mereka semua ramah-ramah dan berbicara dalam bahasa Banjar.

5. Suara-suara aneh di malam hari

Terkadang terdengar suara-suara yang tidak lazim dari kota Saranjana berupa alunan musik atau bunyi kendaraan yang lalu lalang.
Kisah-kisah tersebut tidak pernah dapat dipastikan kebenarannya, namun memang kisah misteri dan mistis selalu membuat penasaran untuk mengungkapnya.

Kota Gaib Saranjana Terletak di Sebuah Pulau

Kota Saranjana sudah melegenda bagi masyarakat Borneo. Disebut-sebut lokasinya ada di sebuah bukit kecil yang terletak di Desa Oka-Oka Kecamatan Pulau Laut Kelautan, Kalimantan Selatan. Bukit yang berbatasan langsung dengan laut ini indah dan cocok dijadikan destinasi wisata. Namun, tempat ini dianggap angker oleh penduduk sekitar.

Penduduk Kota Baru menyebut pulau ini dihuni oleh banyak makhluk halus atau jin. Mereka membangun sebuah kota yang disebut Saranjana. Karena itulah penduduk menyebut Saranjana sebagai kota gaib. Kota Saranjana ini benar-benar ada, tapi hanya mereka yang terpilih dan memiliki kemampuan lebih saja bisa melihat kota tersebut.

Menurut mereka banyak kejadian yang sulit dicerna nalar terjadi di sana. Banyak wisatawan yang mengaku melihat aktivitas manusia di tengah-tengah gedung pencakar langit di Kota Saranjana. Namun, begitu dekat dengan Kota Saranjana, pemandangan berganti menjadi gunung yang langsung berbatasan dengan laut. Rumor perihal kota ini menjadi semakin misterius karena keberadaannya tak tercatat dalam peta Indonesia.

Terdapat Peradaban di Kota Saranjana
Seperti kota besar pada umumnya, kota gaib Saranjana ini juga memiliki jalan yang lebar, gedung pencakar langit, dan kendaraan yang berlalu lalang. Di Kota Saranjana juga terdapat perumahan yang mewah. Rumah-rumah di Kota Saranjana sangat megah dengan pagar tinggi mengkilat.

Sama halnya dengan alam nyata yang kita huni, penduduk Kota Saranjana juga memiliki mata pencaharian. Mayoritas penduduk di Kota Saranjana bekerja sebagai petani. Dari hasil bertani tersebut, banyak yang bisa menunaikan ibadah haji ke tanah suci. Kota Gaib Saranjana dihuni oleh jin yang mayoritas beragama muslim. Kota ini juga memiliki sistem pemerintahan sendiri yaitu kerajaan. Sebagai sebuah kerajaan, tentunya kota ini dipimpin oleh seorang raja. Kota Saranjana juga berkembang mengikuti jaman.

Perbedaan Kota Saranjana dengan Alam Nyata yang Kita Huni
Masyarakat Kota Saranjana memiliki bentuk fisik yang hampir sama dengan kita. Penghuni Kota Saranjana juga cantik dan tampan serta harum. Namun, yang membedakan adalah orang-orang di Saranjana tak memiliki dua garis antara bibir dan hidung. Mereka ini terkenal dengan sebutan orang halimun.
Baca Juga : XINJIAN, KOTA IBLIS DI CINA
Perbedaan lainnya adalah ukuran makanan di Kota Saranjana lebih besar daripada ukuran makanan di dunia kita. Seseorang yang pernah memasuki Kota Saranjana menceritakan bahwa ukuran jambu di sana lebih besar dari ukuran jambu biasa. Namun, ketika dibawa kembali ke dunia nyata ukurannya menyusut seperti jambu kebanyakan. Satu hari di sana sama dengan satu tahun di alam nyata.

Cerita Misterius Mengenai Kota Saranjana
Ada beberapa kisah misterius tentang Kota Saranjana. Pernah suatu ketika seorang warga Kotabaru hilang tanpa jejak. Konon katanya, warga tersebut sengaja diambil oleh warga Kota Saranjana untuk dijadikan imam. Selain itu, penduduk Kotabaru juga menceritakan adanya seorang nelayan yang hilang di tengah laut. Menurut kabar, nelayan tersebut diselamatkan oleh warga Kota Saranjana. Kabar tersebut diperkuat oleh kesaksian seorang muslimah yang mengatakan jika nelayan tersebut hidup bahagia di Kota Saranjana. Beberapa warga juga mengaku sering mendengar suara musik dari arah pulau Saranjana.

Cerita Misterius Mengenai Kota Saranjana

Diceritakan pula ada sebuah perusaahaan alat berat menerima pesanan yang dialamatkan ke Kota Saranjana. Alat berat tersebut sudah dibayar lunas. Namun, perusahaan tersebut mengalami kebingungan saat akan mengirim alat berat. Kota Saranjana tidak ada di peta Indonesia. Selain alat berat, banyak juga yang menceritakan pengiriman puluhan mobil mewah dan rotan dari Surabaya.
Hal gaib memang sulit dibuktikan dengan nalar. Namun, jika kamu beruntung bisa mengunjungi Kota Saranjana, jangan sampai makan makanan yang ada di sana. Konon katanya kamu tak akan bisa kembali ke alam nyata setelah menyantap makanan di Kota Saranjana.
Baca Juga : Rasafa - Fenomena Kota Hantu Di Suriah
Demikianlah ulasan mengenai Misteri Kisah Kota Saranjana yang merupakan Fenomena Kota Misterius Di Kalimantan. Berdasarkan banyak kesaksian dan cerita di masyarakat maka kota misterius ini menarik sekali untuk kita telaah. Benarkah kota itu ada? Apakah itu sebuah kota gaib yang penghuninya adalah makhluk gaib pula atau sebuah kota berperadaban maju yang memilih bersembunyi dari peradaban manusia normal?

Referensi :
[1] https://www.boombastis.com
[2] http://www.101dunia.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...