Fenomena Misteri Mitos Genderuwo Dalam Budaya Jawa Dan Kisah-Kisahnya Di Masyarakat

Pada waktu kecil dulu admin pernah mendengar kisah tentang genderuwo dan cerita rakyat ini cukup teringat ingat sebagai kisah mistis yang menyeramkan yang ada di masyarakat kita. Misteri lelembut bernama genderuwo ini banyak dipercaya masyarakat di jaman dulu. Juga ada juga fenomena yang mengisahkan adanya anak genderuwo yang terlahir atas hubungan dengan manusia. Berdasarkan hal tersebut admin tertarik untuk mengulas fenomena misteri mitos genderuwo dalam budaya Jawa dan kisah-kisahnya di Masyarakat. Selain menakut-nakuti genderuwo juga suka menipu korbannya dengan menyamar sebagai orang yang dikenal.

Fenomena Misteri Mitos Genderuwo Dalam Budaya Jawa Dan Kisah-Kisahnya Di Masyarakat

Genderuwo digambarkan sebagai seorang raksasa berbulu lebat dengan mata menyala dan gigi bertaring. Makhluk halus yang satu ini juga dikenal mata keranjang dan menyukai wanita. Konon dari banyak kisah Genderuwo tinggal di pohon-pohon besar dan di hutan. Apa kata referensi wikipedia dan lain-lain? Yuk kita simak.

Berdasarkan keterangan dari Wikipedia, Genderuwa (dalam pengucapan Bahasa Jawa: "Genderuwo") ialah mitos Jawa mengenai sejenis bangsa jin atau makhluk halus yang berwujud insan serupa kera yang bertubuh besar dan kekar dengan warna kulit hitam kemerahan, tubuhnya ditutupi rambut lebat yang tumbuh di sekujur tubuh. Genderuwa dikenal paling tidak sedikit dalam masyarakat di Pulau Jawa, Indonesia. Orang Sunda menyebutnya "gandaruwo".

Habitat hunian kegemarannya ialah berada di batu berair, bangunan tua, pohon besar yang teduh atau sudut-sudut yang lembap sepi dan gelap. Berdasarkan keterangan dari mitos, pusat mukim makhluk ini diandalkan berada di wilayah hutan.

Mitologi Genderuwa dalam kebiasaan Jawa

Genderuwa diandalkan dapat berkomunikasi dan mengerjakan kontak langsung dengan manusia. Berbagai legenda melafalkan bahwa genderuwa dapat mengolah penampakan dirinya mengekor wujud jasmani seorang insan untuk menggoda sesama manusia.
Baca Juga : Misteri Tapak Kaki Raksasa  Di Desa Cilame Bandung Barat
Genderuwa diandalkan sebagai sosok makhluk yang iseng dan cabul, sebab kegemarannya menggoda insan terutama kaum wanita dan anak-anak. Genderuwa kadang senang menepuk pantat perempuan, membelai tubuh perempuan saat sedang tidur, bahkan sampai mengalihkan pakaian dalam wanita ke orang lain.

Genderuwa diandalkan sebagai sosok makhluk yang iseng dan cabul

Kadang genderuwa hadir dalam wujud makhluk kecil berbulu yang dapat tumbuh membesar dalam sekejap, genderuwa pun gemar melempari lokasi tinggal orang dengan batu kerikil di malam hari. Salah satu hobi genderuwa yang sangat utama ialah menggoda istri-istri kesepian yang ditinggal suami atau semua janda, bahkan kadang genderuwa dapat sampai mengerjakan hubungan s3ksual dengan mereka. Dipercaya bahwa embrio daripada genderuwa dapat mengakibatkan seorang perempuan menjadi hamil dan mempunyai keturunan dari genderuwa.

Figur patung Genderuwa yang diarak dalam Upacara Tradisional Bekakak di Desa Ambarketawang, Gamping, Kabupaten Sleman, Yogyakarta
Figur patung Genderuwa yang diarak dalam Upacara Tradisional Bekakak di Desa Ambarketawang, Gamping, Kabupaten Sleman, Yogyakarta

Berdasarkan keterangan dari legenda, genderuwa memiliki keterampilan gendam untuk unik wanita supaya mau bersetubuh dengannya. Kemampuan hubungan badan genderuwa juga dipercayai amat luar biasa, sampai-sampai wanita-wanita korban penc4bulannya seringkali menikmati puas dan nikmat yang luar biasa bilamana berhubungan badan dengan genderuwa.

Namun biasanya wanita korban yang disetubuhi oleh genderuwa tidak akan sadar sedang bers3tubuh dengan genderuwo karena genderuwo akan menyamar sebagai suami atau kekasih korban dalam melakukan hubungan seks. Disebutkan pula kalau genderuwa memiliki libido dan gairah s3ksual yang besar dan jauh di atas manusia, sehingga ia amat mudah terangsang melihat kemolekan perempuan dan membuatnya menjadi makhluk yang senang menggoda perempuan.
Baca Juga : Misteri Kisah Mistis Gedung Sate Bandung Menurut Beberapa Kesaksian
Demikianlah kisah-kisah mistis genderuwo yang beredar di masyarakat dan menjadi misteri dan fenomena sampai dengan saat ini. Kisah mistis Genderuwo ini sudahmenjadi bagian dari budaya jawa. Perihal kebenarannya saya serahkan kepada sahabat pembaca masing-masing. Semoga kita dijauhkan dari makhluk seperti ini dan juga dari orang-orang yang beriperilaku seperti halnya Genderuwo suka menakut-nakuti, suka menipu, memanipulasi dan juga suka pencitraan. Loh koq mirip dunia politik saat ini ya? Hehe.. stop sampai disini.

Referensi : id.wikipedia.org/wiki/Genderuwa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...